Kota Ini Jadi Kota Modern Pertama di Indonesia versi Telkom

Gunakan 100 persen jaringan fiber optik, Sukabumi deklarasikan diri sebagai modern city. Mantab.

Kota Ini Jadi Kota Modern Pertama di Indonesia versi Telkom
Para pejabat kota Sukabumi. (Foto: Elmira 95 FM.com)

Inibaru.id - Jika tataran modernitas suatu wilayah dinilai dari jaringan teknologi komunikasi termutakhirnya, manakah kota di Indonesia yang layak disebut sebagai kota modern?

Jaringan fiber optik adalah teknologi terbaru di dunia telekomunikasi saat ini. Menggantikan kabel tembaga, fiber optik konon mampu mengurangi gangguan serta menjamin kecepatan akses internet dan telekomunikasi.

Dan, Sukabumi menjadi kota pertama yang telah menggunakan 100 persen jaringan fiber optik di seluruh wilayah. Kota di Jawa Barat ini pun dinobatkan sebagai Modern City pertama di negeri ini oleh PT Telkom.

Dilansir dari Telkom Indonesia yang disarikan dari GNFI, dalam laman resminya, Sukabumi secara resmi telah dinobatkan sebagai kota dengan fiber optik Telkom secara menyeluruh.

Baca juga: Piawai Kelola Sampah Plastik, Walikota Risma Dipuji Pangeran Charles

Penobatan tersebut dilaksanakan di T-Cloud Sukabumi bersamaan dengan penonaktifan Sentral Telepon Otomat (STO) di Sukabumi dan 59 STO lainnya di seluruh Indonesia. Penonaktifan ini menandakan peralihan sistem jaringan di Indonesia dari tembaga menjadi serat optik.

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin menjelaskan, upaya menjadikan Sukabumi sebagai “modern city” membutuhkan waktu tiga tahun.

Peralihan dari jaringan tembaga ke serat optik adalah upaya peningkatan kualitas layanan Telkom.

Zuhelfi menambahkan, fiber optik akan memberikan performa yang jauh lebih mumpuni dalam layanan Information and Communication Technology (ICT), yang terintegrasi seperti Internet of Things dan aplikasi lain yang mendukung implementasi smart city.

Saat ini kota Sukabumi juga merupakan salah satu kota di Indonesia yang berkomitmen untuk mengimplementasikan smart city. Dalam hal kesiapan infrastruktur, kota berpenduduk 300 ribu jiwa ini menempati peringkat 8 dari 25 kota yang menjadi proyek percontohan smart city di Indonesia.

Baca juga: Motor Listrik Buatan ITS Ini Siap Jadi Kendaraan Nasional

Telkom sendiri memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan jaringan internet bagi seluruh OPD di Sukabumi. Tidak kurang dari 15 puskesmas di Sukabumi juga telah menggunakan e-Puskesmas yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Sementara, dalam hal keamanan, masyarakat juga bisa memantau CCTV Online milik Dinas Perhubungan Kota Sukabumi yang didukung jaringan dan server dari Telkom Indonesia.

Tak hanya itu, untuk pengembangan kualitas pengetahuan masyarakat kota Sukabumi, Telkom juga menyediakan wi-fi corner agar masyarakat mudah mengakses internet. Beberapa titik yang tersedia di antaranya di halaman Masjid Agung Sukabumi.

Saat ini Kota Sukabumi sedang menjalani pendampingan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk mengimplementasikan konsep smart city.

Sebagai kota melek teknologi, Sukabumi tentu akan semakin dekat dengan gaya hidup digital. Masyarakat bisa menikmati Internet of Things tidak hanya di tempat-tempat umum, tetapi juga di rumah sendiri. Sehingga meski di dalam rumah, produktivitas dan kreativitas akan warga Sukabumi tetap dapat tersalurkan.

Salah satu produktivitas yang dimaksud adalah dengan memberikan akses internet berkualitas pada Usaha Kecil Menengah ataupun industri.

"Karena teknologi berbasis fiber optik ini mampu menyediakan bandwidth lebih besar dan meminimalisir risiko gangguan. Hal ini terbukti dari menurunnya keluhan pelanggan di Kota Sukabumi hingga 94 persen perharinya,” terang Zulhelfi.

Diharapkan, adanya fiber optik di Sukabumi akan mampu dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk memajukan perekonomian di kota tersebut Selamat! (OS/IB)