Membangun Ekosistem Fesyen Semarang Bersama Benik

Membangun Ekosistem Fesyen Semarang Bersama Benik
Komunitas Benik Semarang. (Instagram/@benik.semarang)

Laiknya benik (kancing) yang menyatukan dua sisi busana, komunitas ini bertujuan menyatukan pikiran para anggota yang berbeda latar belakang untuk memajukan fesyen di Semarang.

Inibaru.id – Kamu tertarik menjadi desainer? Bisa banget lo gabung dengan komunitas Benik. Lahir pada 2016 oleh para desainer muda Semarang, komunitas Benik memberi kesempatan anak muda Semarang untuk berkarya. Mereka sering mengadakan bazaar, fashion show, dan merilis koleksi bersama.

Keuntungan mengikuti komunitas ini banyak, lo. Selain menambah teman yang memiliki renjana sama, pembiayaan kegiatan juga lebih ramah kantong kamu karena anggota akan ambil bagian alias patungan.

Salah satu keuntungan bergabung dengan Komunitas Benik adalah kolaborasi menggelar fashion show. (jateng.tribunnews.com)

Program Belajar dan Kelas Menarik

Kamu juga nggak perlu kuatir ketinggalan keahlian karena di sini ada kelas untuk desainer pemula. Program ini mereka namakan trend.inc. Program tersebut merupakan inkubator untuk anggota baru yang belum pernah belajar tentang fashion agar memiliki kemampuan dasar fesyen. Materi yang diajarkan berdasarkan silabus adalah menggambar sketsa, proporsi, menjahit, membuat brand, hingga membuat koleksi.

Selain pengembangan produk, ada kelas membuat mood board. Mood board merupakan analisis tren visual yang dibuat para desainer yang memuat suasana, warna dan tema dari foto, kliping, atau sketsa  yang nantinya akan diwujudkan menjadi suatu karya. Proses kreativitas dalam pembuatan karya jadi lebih terarah dan memiliki tema, deh, kalau sudah punya mood board. Ada juga program untuk bazaar dan fashion show, Millens.

Kelas workshop fashion moodboard Komunitas Benik yang diadakan di sebuah coworking space Semarang. (qubicle.id)

Komunitas Benik terbuka untuk siapa pun, terutama penyuka fesyen yang ingin belajar lebih jauh. Belajar fashion design memang nggak bisa ditempuh dalam waktu singkat. Tapi, semua proses dapat dijalani di komunitas ini dengan partisipasi aktif dalam berbagai kegiatan. Asyik, kan?

Wah, jadi tahu, kan, di mana harus menemui para ahli fesyen Semarang. Sobat Millens tertarik ikut komunitas ini? (MG13/E05)