Klub-Klub Spanyol dan Portugal Buru Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri jadi satu-satunya pemain muda Asia yang masuk dalam ulasan media bergengsi dunia. Klub di Spanyol dan Portugal sedang menunggu dirinya.

Klub-Klub Spanyol dan Portugal Buru Egy Maulana Vikri
Pemain timnas Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri melewati pemain timnas Kamboja U-19 di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/10/2017). Timas Indonesia U-19 Menang 2-0 melawan Timnas Kamboja U-19. (Kompas.com/Garry Andrew Lotulung)

Inibaru.id - Egy Maulana Vikri, mesin gol Timnas Indonesia U-19 diburu klub-klub di Spanyol dan Portugal. Dilansir Bola.com (21/10/2017), seusai membela Tim Merah-Putih di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Korea Selatan pada 31 Oktober-14 November, gelandang serang asal Medan tersebut berencana ke Eropa.

Sudah ada lima klub Eropa yang menawarkan sesi trial ke Egy yang masuk deretan 60 pemain muda potensial dunia versi media beken Inggris The Guardian tahun 2017. Menurut ayah angkat sang pemain, Subagja Suihan, tiga klub asal Spanyol dan dua dari Portugal ingin mengontrak top scorer Piala AFF U-18 2017 itu.

Baca juga: Kakek Ini Bakal Kembali Berlari untuk Indonesia

Menurut Subagja, klub Spanyol yang kepincut pada Egy adalah Getafe, Espanyol, dan Real Madrid. Sementara itu, detail dua klub asal Portugal belum bisa dibuka ke publik.

Sang ayah angkat menyebut Egy tak perlu menjalani rangkaian tes seperti kebanyakan pemain asal Asia lainnya.

“Saya tegaskan Egy bukan trial lagi, dia akan langsung meneken kontrak. Intinya di Spanyol itu ada tiga klub yakni Getafe, Espanyol, dan Real Madrid dan dua asal Portugal, tetapi saya tidak bisa sebutkan karena belum deal,” ujar Subagja kepada sejumlah media.

Egy Maulana diberi kebebasan memilih klub yang ia idamkan buat bermain. Yang paling utama, klub tersebut harus bisa memberi jaminan jam terbang bertanding tinggi.

Proses negosiasi antara pemain yang meraih penghargaan setara Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane, Jouer Revelation Trophee alias pemain yang berpengaruh di tim pada Turnamen Toulon 2017, dengan klub-klub Eropa dibantu agen pemain asal  Kroasia, Dusan Bogdanovic.

Direncanakan setelah dari Korea Selatan Egy akan kembali ke Indonesia untuk menyelesaikan urusan studi di Sekolah Atlet Ragunan sebelum kemudian meninggalkan Tanah Air.

Perlu diketahui, Egy Maulana Vikri masuk ke dalam daftar 60 pemain muda potensial karena dianggap memiliki kemampuan luar biasa dalam usianya yang masih 17 tahun. Penilaian itu datang dari pengamat sepak bola di benua Asia, khususnya Asia Tenggara, John Duerden.

Duerden yang merupakan kolumnis bagi The Guardian, BBC, dan New York Times, mengulas tentang kelebihan Egy  dalam hal mengolah bola, kecepatan, dan ketenangan saat menguasai bola.

Duerden juga menuliskan tentang keberhasilan Egy Maulana Vikri menjadi top scorer di Piala AFF U-18 2017 dan penghargaan Jouer Revelation Trophee di turnamen Toulon 2017.

Selain itu, pujian pelatih Espanyol B David Gallego yang menyebut pemuda asal Medan itu sebagai pemain luar biasa juga masuk dalam ulasannya.

Baca juga: Rio Siap-siap Adu Balap di Ajang Mobil Elektrik

Egy yang gaya bermainnya dinilai mirip Lionel Messi menjadi satu-satunya pemain dari Asia Tenggara yang masuk 60 pemain potensial dunia versi The Guardian tahun 2017.

Egy  bersanding dengan pemain muda berbakat lainnya dari benua Asia, seperti Wang Jiahao (China), Mohammad Sharifi (Iran), Mohammed Dawood (Irak), Rei Hirakawa (Jepang).

Selamat, Egy! Semoga kesampaian bermain di klub Eropa. (EBC/SA)