Kisah Pakde Dele, Penjahit Legendaris Asal Pekalongan yang Nggak Perlu Mengukur Calon Pelanggannya

Kisah Pakde Dele, Penjahit Legendaris Asal Pekalongan yang Nggak Perlu Mengukur Calon Pelanggannya
Ilustrasi menjahit. (BP Guide)

Ajaib, lelaki dengan nama asli Zili ini mampu membuat pakaian hanya dengan melihat postur tubuh si pemesannya. Nggak heran dirinya sering membuatkan pakaian yang pas di badan pejabat hanya dnegan menyaksikan postur tubuhnya di layar kaca.

Inibaru.id – Salah satu kelebihan jika membuat pakaian di penjahit secara custom adalah ukurannya yang fit di badan. Tapi apa jadinya jika penjahit yang kamu datangi nggak mengukur badanmu? Ya, Pakde Dele orangnya! Penjahit asal Pekalongan, Jawa Tengah, ini punya kemampuan untuk menjahit pakaian tanpa mengukur badan pemesannya.

Pakde Dele, begitu para tetangga memanggilnya, cukup melihat postur pelanggan, khususnya pelanggan laki-laki, yang pengin memesan pakaian. Tanpa perlu menggunakan meteran atau alat ukur lain, baju buatannya konon bisa sangat pas di badan pelanggannya!

Kemampuan lelaki asal Nyontaan, Kecamatan  Pekalongan Timur, ini tentu nggak didapatnya begitu saja. Karena pengalaman dan kebiasaanya, dirinya kini bisa membuat baju tanpa bertatap muka dengan pemesannya.

Ilustrasi mengukur badan. (Ahyana Hijab)
Ilustrasi mengukur badan. (Ahyana Hijab)

Oya, lelaki bernama asli Zili ini mengaku pernah mendapat pesanan baju untuk Joop Ave. Yang unik, dia bisa menjahit dua pasang kemeja berukuran tepat hanya dengan melihat Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi zaman Orde Baru itu di layar kaca. Keahlian itu pun diganjar repeat order sebanyak sekodi kemeja dari Joop Ave.

Kemahiran yang dimiliki Pakde Dele ini memang istimewa. Ketepatan ukuran tanpa harus mengukur badan dengan meteran tersebut tentu nggak dimiliki sembarang orang. Sosok yang juga pernah dibikinkan baju adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Bahkan, Mendikbud ke-27 RI itu dikisahkan sempat terkejut mendapat kiriman pakaian dari Pakde Dele yang ukurannya sangat pas di tubuhnya.

Pakde Dele. (Cintapekalongan/Arif Dirhamsyah)
Pakde Dele. (Cintapekalongan/Arif Dirhamsyah)

Nah, daripada penasaran, kamu yang pengin bikin baju tanpa ribet, bisa hubungi Pakde Dele! Eits, nggak perlu datang langsung ke Pekalongan, Pakde Dele kan punya kemampuan ajaib! Ha-ha. (Cin/IB27/E03)