Kisah Lena dan Leni, Atlet Kembar Sepak Takraw

Kisah Lena dan Leni, Atlet Kembar Sepak Takraw
Lena dan Leni. (foto: media kemenpora)

Siap hadapi Asian Games 2018, inilah kisah Lena dan Leni yang telah berjuang sejak dulu.

Inibaru.id – Pelaksanaan Asiam Games 2018 sebentar lagi akan berlangsung. Tinggal menghitung hari saja, Asian Games 2018 akan dilaksanakan pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Salah satu cabang yang akan dilombakan nantinya adalah sepak takraw.

Dalam cabang olahraga ini, Indonesia akan diwakili oleh si kembar Lena dan Leni. Wah, siapa mereka?

Dua putri asal Indramayu, Jawa Barat kelahiran 7 Juni 1989 ini rupanya merupakan pemain sepak takraw yang punya kisah yang sangat inspiratif. Berawal dari sulitnya bersekolah karena keterbatasan ekonomi, keduanya bersama-sama terjun menggeluti olahraga sepak takraw demi bisa mendapatkan beasiswa.

"Kami ingin melanjutkan sekolah ke tingkat SMA. Dulu di sekolah yang menjadi atlet sepak takraw bisa sekolah gratis. Dari situ, kami mengenal sepak takraw," kata Lena dikutip dari Kompas.com, Selasa (14/8/2018).

https://v-images2.antarafoto.com/sepak-takraw-double-putri-jabar-oe5th6-prv.jpg

Aksi Lena (kanan) saat laga final nomor Double Event Putri PON XIX di Sport Hall FPOK UPI, Bandung, Jabar, Selasa (27/9/2016). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Sejak pertama bermain di tahun 2006, prestasi Lena dan Leni terus menunjukkan peningkatan. Dari yang awalnya berada di tingkat pelajar, keduanya pun maju ke level daerah. Kendati demikian, Lena dan Leni masih harus bekerja keras demi sepasang sepatu untuk kegiatannya.

Dengan kondisi Ayah yang seorang buruh tani, sedangkan ibu yang seorang ibu rumah tangga, keduanya bekerja serabutan mulai dari buruh cuci hingga memulung untuk membeli sepasang sepatu. Salut ya!

"Dulu kami bantu orangtua ke sawah. Kerja di tetangga cuci piring dan cuci baju. Kami kalau pagi pergi ke sungai mencari barang rongsok juga. Kalau mendapatkan sepasang sepatu, kami pakai buat latihan dan sekolah," kata Leni mengenang masa perjuangannya.

Hal ini menjadi bukti bahwa meski biaya sekolah sudah dibebaskan karena menjadi atlet sepak takraw, Lena dan Leni masih kesulitan dalam mendapatkan alat tulis dan sarana penunjang lainnya untuk sekolah dan latihan.

Lolos Seleksi Pemain

Namun, Lena dan Leni nggak pernah berputus asa dalam menjalani semuanya baik bersekolah, berlatih, dan bekerja. Hingga pada tahun 2007 mereka diboyong ke ibu kota untuk mengikuti seleksi pemain sepak takraw tingkat nasional. Keduanya pun dinyatakan lolos dan resmi menyandang status atlet nasional di tahun yang sama dan mengikuti pelatnas.

Sejak saat itu, si kembar sudah banyak mengukir prestasi untuk Indonesia. Mulai dari medali perunggu Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan hingga medali emas di King’s Cup (turnamen sepak takraw) pada 2016 silam.

Nggak hanya bisa bersekolah gratis dan mengharumkan nama Indonesia saja, lo. keduanya bahkan mampu memberangkatkan kedua orangtuanya pergi haji ke Tanah Suci. Wih, bangga banget ya?

Saat ini, Lena dan Leni mengaku siap menghadapi Asian Games 2018. Doakan mereka berhasil meraih juara ya, Millens! (IB07/E05)