Keren, Menteri Susi Masuk Daftar Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Menjadi satu di antara 100 perempuan paling berpengaruh di dunia tentu saja membanggakan. Satu lagi bukti ganjaran untuk orang yang kiprahnya inspiratif.

Keren, Menteri Susi Masuk Daftar Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia
Menteri Susi Pudjiastuti mendatangi lokasi lukisan mural yang memajang gambar dirinya bak Wonder Woman di tembok Restoran Kusumasari Solo. (Foto: Liputan6)

Inibaru.id - Cerita tentang Menteri Susi Pudjiastuti memang tak habis-habis. Sebagian besar adalah kisah positif yang sangat inspiratif. Wajar saja, berbagai penghargaan telah dia raih. Yang terbaru, penghargaan dari BBC untuk Menteri Susi

Seperti yang dilansir Liputan6 (29/9/2017), BBC baru-baru ini merilis nama-nama perempuan paling berpengaruh di dunia. Ada 100 perempuan yang disebut paling memberikan pengaruh pada tahun ini. Yang membikin bangga, ada nama orang Indonesia di dalam daftar tersebut. Siapa?

Dia adalah Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia. Susi berada di daftar bersama nama-nama perempuan beken lain seperti astronot wanita Peggy Whitson hingga Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf.

Dari 100 orang, BBC baru merilis 60 nama dan Menteri Susi berada di urutan 54. Sementara 40 nama lainnya akan dirilis pada Oktober mendatang.

Baca juga: Lagi, Walikota Risma Raih Penghargaan dari Luar Negeri

Dalam rilis tersebut disebutkan bahwa Susi merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan sekaligus pengusaha sukses.

"Anda harus melepas rintangan dari pikiran Anda terlebih dahulu. Pria dan wanita sama. Jika Anda masih sibuk membahas masalah gender, maka Anda tidak akan maju,” ujar Susi dikutip dari BBC, Jumat (29/9/2017).

Susi memang berbeda dengan menteri kebanyakan. Jika menteri-menteri yang lain minimal sarjana, bahkan hingga perguruan tinggi luar negeri, Susi hanya memiliki ijazah SMP.

Meskipun begitu, perempuan kelahiran Pangandaran, Jawa Barat, 15 Januari 1965, ini merupakan salah seorang pengusaha yang sukses. Kesuksesan Susi terlihat dari puluhan pesawat yang dia miliki dari berbagai jenis seperti Cessna Grand Caravan, Pilatus PC-06 Porter, dan Piaggio P180 Avanti.

Seperti sudah banyak ditulis, Susi mengawali karier sebagai pengepul ikan di Pangandaran. Bisnisnya berkembang pesat. Selanjutnya dia mendirikan pabrik pengolahan ikan bernama  PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan lobster bermerek Susi Brand. Pasarnya pun berkembang pesat hingga ke luar negeri seperti Asia dan Amerika.

Baca juga: Menginspirasi Wanita di Seluruh Dunia, Menlu Retno Marsudi Terima Penghargaan dari PBB

Berkembangnya pasar produk ini membuatnya mau tak mau membutuhkan sarana transportasi sehingga produk yang dibawa bisa tetap dalam keadaan segar. Akhirnya Susi berpikir untuk membeli sebuah pesawat pengangkut yang kemudian menjadi latar belakang pendirian PT ASI Pudjiastuti Aviation dan berkembang hingga saat ini.

Gebrakan yang dilakukan Susi menuai perhatian dari banyak kalangan. Alhasil, dia dianugerahi penghargaan antara lain Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004, Young Entepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005, dan Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprose Exporter tahun 2005.

Kita tunggu kiprah inspiratif dan penghargaan apa lagi yang bakal kita dengar dari Ibu Menteri kita satu ini. (PA/SA)