Kembali Trending di Media Sosial, Begini Cara Membuat Dalgona Coffee

Kembali Trending di Media Sosial, Begini Cara Membuat Dalgona Coffee
Dalgona Coffee. (iStock/ Gahsoon)

Menjadi trending di media sosial, ternyata membuat Dalgona Coffee sangat mudah dibuat sendiri di rumah lho, Millens. Gimana ya caranya? Simak, yuk.

Inibaru.id - Dalgona coffee menjadi salah satu minuman yang trending di media sosial saat ini. Di tengah pandemi virus corona ini, dalgona coffee dianggap menjadi pilihan yang pas karena bisa menjadi minuman alternatif yang nikmat selama #DirumahAja. Minuman ini ternyata bisa dibuat sendiri di rumah lo, Millens. Seperti apa sih caranya? Berikut adalah penjelasannya.

Pertama-tama, kamu harus menyiapkan bahan dan peralatan seperti mangkuk ceper, gelas, kopi bubuk instan tanpa ampas, susu cair, white/brown sugar, air hangat, dan es batu jika perlu.

Kopi dan Gula. (Soberocity)
Kopi dan Gula. (Soberocity)

Dari bahan-bahan tersebut, yang perlu kita buat kali pertama adalah topping foam-nya terlebih dahulu. Cara membuatnya adalah dengan memasukkan kopi, gula, dan air hangat ke dalam mangkuk. Takaran ketiganya harus sama rata ya, Millens. Jadi, jika kopi yang kita pakai sebanyak 2 sendok makan, maka gula dan air hangat juga 2 sendok makan.

Setelahnya, aduk rata ketiga bahan tersebut menggunakan saringan kecil atau garpu selama kurang lebih 3 atau 4 menit sampai berubah warna menjadi pucat.

Siapkan gelas, lalu isi bagian bawah gelas dengan susu cair dan es batu. Kemudian, letakkan topping foam diatas susu cair dan es batu tersebut. Dalgona coffee pun siap untuk disajikan.

Devina Hermawan, jebolan MasterChef Indonesia 2019 season 5 memberikan beberapa tips untuk pemula yang ingin mencoba membuat dalgona coffee. Simak, yuk.

Di kanal video Youtube miliknya, Devina mengatakan bahwa air hangat diperlukan saat membuat topping foam untuk melarutkan kopi dan gula. Selain itu, penggunaan mangkuk ceper ditujukan agar saringan mudah mengenai bagian dasar mangkuk sehingga hasil adukan bisa lebih rata.

Devina menyarankan pembuatan dalgona coffee menggunakan evaporated milk atau santan agar cita rasanya semakin gurih. Hanya, kalau kamu nggak begitu menyukainya, bisa menggunakan jenis susu lainnya.

Ternyata, membuat dalgona coffee nggak sulit, kan Millens. Tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah nggak nih? (IB24/E07)