Kata Siapa Single Nasib Sial? Ini Untungnya Status Single dalam Hal Keuangan

Single bukan berarti nasib sial, ini buktinya

Kata Siapa Single Nasib Sial? Ini Untungnya Status Single dalam Hal Keuangan
single dalamkeuangan. (foto: job-like.com)

Siapa bilang status single itu menyedihkan? Lalu, siapa yang bisa menjamin bahwa punya pasangan menjamin hidup jadi lebih bahagia dan lebih serius menyiapkan keuangan untuk masa depan?  Mau punya pasangan sekarang atau nanti, percayalah bahwa segala sesuatunya akan indah pada waktunya.

Memang banyak yang menyebutkan bahwa memiliki pasangan dapat menbuat prospek keuangan lebih kuat. Dengan berkomitmen menjalin sebuah hubungan juga dapat mendorong seseorang untuk merencanakan keuangan untuk membeli rumah, membangun dana darurat maupun tujuan keuangan lainnya.

Baca juga:
Ria Papermoon: Buatlah Bulanmu Sendiri
Selamat Jalan, Nenek Rocker Indonesia!

Kendati demikian, bukan berarti single atau jomblo harus patah semangat. Karena status single justru dapat dimanfaatkan pribadi untuk berbenah dan memantaskan diri. Selain itu status single juga memiliki keuntungan dalam hal keuangan seperti yang dilansir dari daring Wisebread, Selasa (20/6). Berikut adalah keuntungan status kalian yang single atau jomblo dalam hal keuangan.

1. Bekerja tanpa gangguan

inibaru.id - Menjalin suatu hubungan diyakini dapat membatasi sebagian besar waktu dan energi seseorang. Karena mau tak mau mereka harus mampu membagi waktu mereka dengan baik antara pekerjaan dan pasangan. Agar sebuah hubungan dapat terjalin dengan baik.

Tak ada yang menyarankan seseorang untuk menjadi orang yang gila kerja dan mengorbankan relaksasi dari hasil kerja. Namun jika seseorang tersebut single, maka tak akan ada yang mengganggu waktu mereka. Selain itu mereka juga dapat fokus pada karier yang tengah digeluti. Kesempatan bekerja lebih lama juga menjadi keuntungan tersebdiri bagi mereka yang single.

Sehingga dengan demikian, mereka bisa mendapat uang ekstra yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan perencanaan lebih matang di masa depan.

2. Kebebasan membeli apa yang diinginkan

Dengan status single yang dimiliki memberikan kebebasan pada seseorang untuk menggunakan keuangan mereka sesuai dengan keinginannya. Karena ketika seseorang telah menjalin komitmen bersama pasangan, maka setidaknya ketika ingin membeli atau menginginkan suatu barang tertentu harus melalui konsultasi antara keduanya.

Baca juga:
Benyamin S dan Kebetawian
Eka Kurniawan, Pernah Ditolak di Novel Pertamanya

Selain dua hal yang telah disebutkan diatas, status single juga menghindari diri dari perilaku boros dan keperluan tidak bermanfaat lainnya. Apalagi jika status orang tersebut masih dalam tahap setengah komitmen (konteks pacaran). Karena kebanyakan mereka yang masih setengah menjalin komitmen tersebut akan cenderung berpikir untuk kesenangan sesaat.

Meskipun demikian, segala sesuatunya kembali pada diri masing-masing. Jika orang tersebut mampu membentengi diri dan memiliki visi ke depan yang jelas, maka hal-hal demikian itu akan minimal terjadi. Sehingga bagi kalian yang masih berstatus single tak perlu khawatir, karena single bukan berarti nasib sial.(NA/IB)