Teater Boneka Ria Papermoon Mendunia

Dengan teater bonekanya, Ria Papermoon mendunia. Dia berkolaborasi dengan suaminya. Psangan istri-suami yang akur dan kreatif.

Teater Boneka Ria Papermoon Mendunia
Ria Papermoon (suarakota.or.id)

Inibaru.id –  Ria Papermoon dinobatkan sebagai perempuan paling menginspirasi dan tokoh berpengaruh di bidang industri kreatif kategori seni pertunjukan. Tahu siapa dia?

Dilansir dari Ruangguru.com (19/1/2018), Papermoon Puppet Theater merupakan teater boneka yang telah mendunia karya Maria Tri Sulistiyani atau nama bekennya Ria Papermoon. Meskipun ini teater boneka, penikmatnya juga kalangan dewasa lo.

Papermoon yang sekarang memang beda, Millens. Kalau tadinya hanya sanggar untuk anak-anak saat didirikan Ria pada 2006, kini namanya menjadi Papermoon Puppet Theater.

Baca juga:
Adamas Belva dan Universitas Raksasa Bernama Ruangguru
Lalu Nasib dan Wayang Sasak Kekinian

Bagaimana perjalanan Ria meraih popularitas sekarang ini?

Yap, kesuksesan Ria bermula dari pengalamannya mengikuti pelatihan di luar negeri. Perempuan kelahiran Jakarta, 4 November 1981 ini beroleh beasiswa Fellowship Artist Residency of Hooyong Performing Arts Centre di Korea Selatan. Selain itu, Ria bersama suaminya, Iwan juga mendapatkan beasiswa untuk mendalami teater boneka di Amerika Serikat selama enam bulan.

Ria dan sang suami bekerja sama. Dia menulis lakon, sang suami yang berlatar belakang seni rupa menerjemahkan sisi artistiknya. Kolaborasi istri-suami yang ciamik.

Kolaborasi mereka berbuah “tepuk tangan” dari sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura, India, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Baca juga:
Rafa dan Kepedulian terhadap Sampah Elektronik
Hamzah Izzulhaq, Muda-muda Pintar Usaha

Ingin tahu seperti apa sajian teater boneka Ria Papermoon? Kalau kamu sudah menonton film Ada Apa dengan Cinta (AAdc) 2, ada adegan Rangga dan Cinta jalan-jalan bersama di Jogja dan menonton teater boneka. Itu dia sajian Papermoon Puppet Theater

 Yap, kreativitas dan ketekunan menjadi kunci utama kesuksesan Ria. Patut dicontoh nih. (LAM/SA)