Kak Kempo Juru Dongeng Gambar Asal Semarang

Kempo Anthaka atau lebih dikenal sebagai Kak Kempo ini merupakan pendongeng asal Semarang. Media berupa gambar menjadi salah satu ciri khasnya dalam mendongeng. Yuk, simak cerita tentang Kak Kempo ini!

Kak Kempo Juru Dongeng Gambar Asal Semarang
Kak Kempo (Youtube.com)

Inibaru.id – Setuju nggak Millens, kalau Pak Raden merupakan salah satu pendongeng terbaik yang pernah dimiliki Indonesia? Itu sebabnya dunia seni Indonesia sangat kehilangan sosok Pak Raden saat dia meninggal pada 2015 lalu. 

Nggak usah sedih karena kita masih bisa menemukan sosok Pak Raden lainnya. Yap! Dia adalah Kak Kempo. Pria asal Semarang ini merupakan seorang pendongeng yang menggunakan gambar sebagai sarana penyampaan cerita. Kak Kempo ini terinspirasi dari tokoh Pak Raden yang juga menggunakan media gambar sebagai penyampai cerita.

Melansir Metrosemarang.com (25/05/2015), aktivitas mendongeng yang dilakukan Kak Kempo ini telah dilakoninya sejak 2002. Saat itu dia masih mengajar di sanggar seni. Baru pada 2008 dia mulai menggunakan media gambar.

Dikagumi Anak-anak

Kak Kempo sedang mendongeng dengan media gambar di depan siswa siswi SD. (Sditharapanbunda.sch.id)

Dia memilih gambar sebagai media karena caranya menggambar sangat disukai anak-anak bahkan orang dewasa. Orang dewasa juga merasa teribur, lo dengan cara Kak Kempo menggambar. Dia nggak hanya membuat sketsa dengan cepat, tetapi juga menyampaikan cerita.

Dengan talentanya yang unik, pria yang memiliki nama lengkap Kempo Anthaka ini pun dipercaya untuk mengajar sebagai dosen seni di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan dosen seni rupa di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Selain mengajar di beberapa sekolah, Kak Kempo juga kerap membuka kelas mendongeng yang terbuka untuk umum. Di kelas-kelas tersebut, Kak Kempo akan membagikan ilmunya tentang dunia dongeng serta mempraktikkan teknik-teknik dalam mendongeng.

Pria pendiri Sanggar CerGam ‘Kak Kempo’ ini sangat konsen di seni dongeng, lo. Dengan kesungguhannya, dia pun dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Bidang 1 Persaudaraan Pendongeng Muslim Indonesia (PPMI) periode 2015-2020.

Nah, itu dia sedikit kisah tentang Kak Kempo, Pak Radennya Semarang. Mendongeng dengan cara menggambar yang dilkakukan oleh Kak Kempo ternyata bisa seasyik itu ya, Millens! Semoga semakin banyak lagi seniman-seniman dongeng seperti Kak Kempo. (IB13/E05)