Jelang Lebaran di Tengah Pandemi, Perlukah Rumah Disterilkan Dulu?

Jelang Lebaran di Tengah Pandemi, Perlukah Rumah Disterilkan Dulu?
Ilustrasi membersihkan rumah. (Stockadobe)

Menjalani bulan Ramadan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini memang cukup menyulitkan. Kamu nggak bisa leluasa kemana-mana atau melakukan aktivitas seperti biasa. Hanya, menjelang Lebaran, apakah rumah juga perlu dibersihkan atau disterilkan?

Inibaru.id - Nggak kerasa, Lebaran 2020 akan tiba kurang dari seminggu lagi. Pandemi corona yang belum juga berakhir membuat bulan puasa tahun ini terpaksa harus dilalui dengan lebih banyak berada di rumah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Ramadan tahun ini terasa jauh lebih sepi karena nggak ada acara buka bersama, ngabuburit, dan lain-lain.

Banyak orang yang memperkirakan Lebaran tahun ini akan sangat berbeda. Bisa jadi, Anda bahkan tidak akan bisa melakukan aktivitas halal bihalal atau saling berkunjung. Lantas, apakah hal ini berarti rumah nggak perlu kamu bersihkan?

Lebih Baik Disterilkan Dulu

Ilustrasi. (Healthline)
Ilustrasi. (Healthline)

Berdasarkan imbauan dari pemerintah, perayaan Idulfitri tahun ini tetap dilakukan namun dari rumah masing-masing. Meski di beberapa daerah halal bihalal bisa dilakukan, di kota-kota besar seperti Jakarta, hal ini sulit untuk diterapkan demi mencegah penularan Covid-19. Hal ini berarti, rumah bisa jadi akan lebih sepi.

Momen ini ternyata bisa kamu gunakan untuk mensterilkan rumah. Caranya? Tentu kamu harus membersihkannya dengan menyapu, mengepel, atau membersihkan perabotan. Kamu juga bisa mengganti sprei, gorden, dan lain-lain. Setelahnya, kamu bisa menyemprotkan disinfektan.

Mengingat di bulan puasa kamu nggak makan dan minum seharian, sebaiknya membersihkan rumah di dekat waktu berbuka atau setidaknya setelah berbuka, ya Millens? Biar nggak mudah lapar atau haus.

Pindah Sejenak dengan Staycation

Ilustrasi liburan dengan keluarga. (Shutterstock)
Ilustrasi liburan dengan keluarga. (Shutterstock)

Kamu bisa membersihkan rumah sendiri atau meminta bantuan orang lain. Jika kamu memakai jasa pembersih, tak ada salahnya melakukan staycation atau liburan di penginapan untuk sementara. Sementara pembersih rumah melakukan tugasnya, kamu bisa menghilangkan penat setelah selama ini hanya bisa di rumah aja.

Hanya, pastikan untuk memilih penginapan yang tepat demi mencegah kerumuman dan peningkatan risiko terkena virus corona. Kamu juga harus menerapkan protokol pencegahan Covid-19 selama berada di penginapan tersebut dengan baik.

Dimanapun kalian berada, tetap jaga kebersihan dan kesehatan ya, Millens. Jangan lupa selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan menjaga jarak saat berada di luar rumah. Selamat menikmati Lebaran tahun ini! (Mer/IB24/E07)