Hendi Rachmat, CEO WMS Sekaligus Penyelamat Lingkungan

Hendi Rachmat, CEO WMS Sekaligus Penyelamat Lingkungan
Hendi Rachmat. (Neighbourlist.com)

Pria satu ini berhasil menjalankan bisnis dan menerapkan gagasan go green. Kendala dan tantangan tentu jadi hal yang harus dihadapi. Bagaimana ya perjalanannya?

Inibaru.id – Cerita inspiratif kali ini datang dari seorang pria bernama Hendi Rachmat. Dia adalah seorang founder sekaligus CEO dari Westbike Messenger Service (WMS), salah satu jasa logistik yang punya misi unik.

Berawal pada 2013, bersama dua rekannya, Hendi mulai membangun WMS. Namun nggak seperti jasa logistik pada umumnya, kurir WMS menggunakan sepeda sebagai alat transportasi guna mengantarkan paket-paket kiriman, Millens.

Ide tersebut muncul karena Hendi memang aktif di komunitas sepeda. Selain itu, dia juga menginginkan bisnis yang bisa menyalurkan misi go green.

Ditulis Kompas.com (04/07/2018), awalnya Westbike merupakan nama toko sepeda yang dia dirikan di Jakarta Barat pada 2010.

“Berasal dari iseng-isenglah dari bisnis komunitas aja buat mengisi waktu luang anak-anak komunitas yang masih pada kuliah waktu itu," jelasnya.

Hingga akhirnya pada tahun 2016, bisnis jasa logistik semakin berkembang, Hendi pun memutuskan untuk mengubah Westbike menjadi perusahaan resmi berbadan hukum. Saat ini, Westbike bahkan sudah membuka 4 cabang di Bandung, Medan, Surabaya, dan Lampung.

Pantang Menyerah

Salah satu kurir Westbike Messenger Service (WMS). (Mildspot.com)

Diakui Hendi ada banyak sekali tantangan dan kendala yang dihadapi bisnis kurir sepeda. Masuknya ojek online di instant delivery sempat bikin orderan WMS menurun drastis.

Setelah menjalani bisnis yang cukup mapan sepanjang tahun 2013 hingga 2014, WBS mulai tertatih-tatih di tahun 2015. "Tahun 2015 kita orderannya dropshot 90 persen dengan adanya ojek online saat itu," ujar Hendi.

Tapi, ada beberapa ranah bisnis yang menjadi celah pertumbuhan bisnisnya hingga kini, Millens. Mereka adalah pelanggan dengan misi go green, misi yang selama ini selalu digaungkan dalam promosi WBS.

"10 persen yang bertahan itu para customer yang punya visi misi go green yg sama dengan kita. Dia produksi makanan dan minuman sehat, mereka pengin semua dari A to Z, semua sehat. Kami survive, kami coba bertahan," jelas dia.

Hingga akhirnya di tahun 2016, JNE menggandeng Westbike untuk menjalankan bisnis bersama. Tentu bisnis yang bernapaskan kesadaran akan lingkungan. "Kami beri nama JNE EcoCourier, yang berjalan terus. Alhamdulillah sampai akhirnya bisa kembangin bersama ke 5 kota. Di mulai tahun 2016 di Bandung, kemudian Surabaya, Medan, dan terakhir Lampung," jelas Hendi.

Hal lain yang masih menjadi tantangan bagi bisnisnya kini adalah sulitnya mencari tenaga kurir. Hal inilah yang masih mengganjal bisnis Westbike untuk berkembang ke jasa pengiriman secara retail.

Nah, gimana Millens? Mencintai lingkungan bisa dimulai dari mana saja, salah satunya dengan memulai bisnis seperi Hendi Rachmat. (IB06/E05)