Gol Andik Vermansyah Terbaik di Asia Tenggara

Meskipun gagal menjadi juara, Indonesia patut bangga dengan gelar gol terbaik dari salah seorang pemainnya.

Gol Andik Vermansyah Terbaik di Asia Tenggara
Andik Vermansyah (kiri) bersama dengan Stefano Lilipaly (Tirto.id)

Inibaru.id - Kejuaraan AFF Suzuki Cup 2016 memang sudah usai hampir setahun yang lalu. Namun, gol yang dicetak oleh Andik Vermansyah pada kejuaraan tersebut ternyata masih meninggalkan kesan yang mendalam bagi pencinta bola. Buktinya, pada ajang AFF Award 2017 yang berlangsung  di Nusa Dua, Bali, 23 September 2017, gol tersebut mendapatkan penghargaan sebagai yang terbaik.

Andik tidak bisa hadir pada malam penghargaan tersebut. Namun, Ia mengirimkan video yang berisi tentang tanggapannya tentang penghargaan ini yang ditayangkan oleh panitia.

“Yang pasti syukur Alhamdulillah saya mendapatkan penghargaan ini dan tentu ini menjadi sangat spesial di karier sepak bola saya. Kemudian saya juga berterima kasih kepada kedua orang tua saya yang terus mendukung saya bermain sepak bola hingga saat ini,“ ucap Andik sebagaimana dilansir dari Beritagar (24/9).

Baca juga: Raih Hasil Positif, Komunitas Sepakbola Sosial Indonesia Berjaya di Amerika

Pemain asal Jember yang kini membela klub Selangor FA di Malaysia ini juga meminta maaf karena tidak bisa menghadiri acara penghargaan karena harus melakukan latihan jelang pertandingan melawan Kedah FA di babak play off Piala Malaysia yang berlangsung Minggu (24/9), dan melawan Melaka United di ajang Liga Super Malaysia empat hari kemudian.

Gol Andik dicetak saat menghadapi Singapura di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, 25 November 2016. Laga tersebut merupakan laga terakhir penyisihan grup A. Gol penyama kedudukan menjadi 1-1 ini menjadi penyemangat Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk memburu gol kemenangan yang akhirnya dicetak oleh Stefano Lilipaly. Berkat kemenangan tersebut, Timnas pun berhak melaju ke babak semifinal meskipun akhirnya harus puas sebagai runner-up setelah kalah dari Thailand di babak final.

Baca juga: Akhirnya Kevin/Marcus Jadi Yang Terhebat

Selain Andik, tokoh lain yang mendapatkan penghargaan di AFF Award 2017 adalah Kardono, mantan Ketua Umum PSSI periode 1983-1991 dan Presiden ASEAN Football Federation (AFF) 1984-1989. Kardono yang telah wafat pada 11 Mei 2003 lalu mendapatkan penghargaan AFF Dato Sri Paul Mony Live Service Award berkat komitmen, dedikasi, serta kontribusi besarnya bagi perkembangan sepakbola Indonesia dan Asia Tenggara. Penghargaan bagi Kardono diterima oleh putrinya, Woro Indriarti Wijanarko.

Empat pemain timnas Indonesia yaitu Kurnia Meiga, Rizki Rizaldi Pora, Stefano Lilipaly, dan Boaz Solossa masuk dalam Best XI Piala AFF 2016 bersama dengan empat pemain Thailand yaitu Tristan Do, Chanatip Songkrasin, Taerasil Dangda, dan Sarach Yooyen. Pemain lainnya yang masuk dalam jajaran pemain terbaik adalah Harris Harun (Singapura), Ronny Harun (Malaysia), dan Nguyen Tron Hoang (Vietnam). (AW/SA)