Galang Hendra, Pembalap Muda Indonesia yang Kini Juarai Kelas Dunia

Galang Hendra, Pembalap Muda Indonesia yang Kini Juarai Kelas Dunia
Galang Hendra Pratama, pembalap muda Indonesia pertama yang menjuarai ajang balapan di kancah internasional. (Brilio.net)

Indonesia wajib berbangga karena memiliki pembalap muda yang memenangkan kejuaraan World Superbike (WSBK 2018). Prestasi itu juga membuatnya menjadi pembalap Asia pertama yang menjuarai ajang balapan kelas dunia. Siapa dia?

Inibaru.id – Selain Lalu Muhammad Zohri yang menorehkan prestasi di luar negeri, masih ada satu lagi nih anak bangsa yang harus kita apresiasi. 

Dia adalah Galang Hendra Pratama, pembalap asli Yogyakarta yang sukses membuat lagu Indonesia Raya berkumandang di Sirkuit Brno, Republik Ceska pada 10 Juni 2018 lalu. Di usianya yang masih 19 tahun, Galang mampu memenangkan kejuaraan World Superbike (WSBK 2018) di kelas World Supersport 300 (WSSP300). Wah!

Galang Hendra Pratama bersama tim dari Yamaha. (Liputan6.com)

Melansir dari brilio.net Jumat (13/7/2018), prestasi Galang itu membuatnya menjadi pembalap Asia pertama yang menorehkan sejarah dalam kompetisi tersebut. Nggak hanya itu, pria kelahiran 1999 ini juga dipercaya sebagai pembalap muda yang mampu bersaing dengan pembalap-pembalap kelas atas. Keren ya, Millens.

Kendati saat di Sirkuit Brno, Galang nggak mencapai top speed. Namun pembalap yang mengidolakan Valentino Rossi ini unggul dalam berbagai rintangan tikungan hingga membuatnya berhasil berdiri di podium tertinggi. Salut!

Kemampuan Galang itu mulai menarik perhatian publik saat dia mengikuti ajang WSSP 300 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol pada 2017 lalu. Galang pada saat itu berstatus sebagai rider wild card yang baru pertama kali balapan di ajang kelas dunia, berhasil menjadi pembalap Asia pertama yang memenangkan WSSP 300. Sejak saat itu, kemampuan Galang semakin diperhitungkan dalam berbagai seri balapan lainnya.

Performa Galang Hendra saat di arena balap. (Yamaha Racing)

Selain itu, Galang juga menempati posisi ke-10 dengan waktu 2 menit 10,850 detik dan langsung menembus sesi kualifikasi Superpole 2 pada Mei 2018. Dengan pencapaian tersebut, dia menjadi yang tercepat dibanding hasil tes pramusim pada Maret 2018 lalu dengan catatan waktu terbaik 2 menit 11,331 detik. 

Sedangkan baru-baru ini, Galang melanjutkan putaran WSSP 300 Italia di Sirkuit Misano pada Minggu (8/7/2018). Meskipun hanya finis di posisi ke-7, namun Galang berhasil merebut pole position dengan torehan waktu 1 menit 50,517 detik. Yang artinya, Galang berhak untuk memulai balapan di posisi terdepan pada seri selanjutnya. Hasil tersebut kini membuat Galang berada di posisi ke-6 klasemen sementara dengan koleksi 52 poin.

Wah, dua jempol deh untuk Galang! Semoga semakin banyak anak Indonesia yang mengharumkan nama bangsa. Pastinya, kita memberikan dukungan juga ya, Millens. (IB12/E05)