Florentia Jeanne Sutanto, dari Reseller Menjadi Pengusaha Fesyen Sukses

Florentia Jeanne Sutanto, dari Reseller Menjadi Pengusaha Fesyen Sukses
Florentia Jeanne Sutanto. (youngster.id)

Awalnya hanya menjadi reseller fesyen bagi pedagang lain Namun kini Florentia sudah merilis label fesyennya sendiri dengan omzet miliaran rupiah per tahun. Bagaimana ya kisahnya?

Inibaru.id – Dunia fesyen memang nggak pernah ada matinya ya, Millens. Kebutuhan fesyen masyarakat terus berkembang. Begitu juga dengan model dan gaya dalam fesyen. Nggak heran kalau bisnis dalam dunia fesyen menjadi salah satu ladang yang menjanjikan keuntungan lumayan.

Florentia Jeanne Sutanto adalah salah seorang yang menangkap peluang bisnis dari dunia fesyen. Perempuan yang akrab disapa Flo itu merilis label fesyen NoonaKu Signature pada 2015 bersama adiknya Felicia Febry atau Fle.

Melansir youngster.id (7/6/18), pengalaman Flo saat kuliah mendasari idenya membuat lini fesyen nih. Yap, saat masih duduk di bangku kuliah Flo mengaku kesulitan membeli baju berkualitas dengan harga yang terjangkau bagi kantung mahasiswa.

Fyi, produk-produk busana NoonaKu Signature mayoritas diperuntukkan bagi kaum hawa, Millens. Tentunya dengan kualitas yang nggak sembarangan dan harga yang tetap terjangkau.

“Semua orang berhak tampil gaya meski bujet terbatas. Prinsipnya gaya nggak harus mahal,” kata Flo seperti ditulis youngster.id (7/6/18).

Hm, pantas saja NoonaKu Signature disenangi masyarakat. Fesyen keren dengan harga yang terjangkau memang perpaduan yang pas banget terutama buat kaum millenials.

Florentia dan Felicia, kakak beradik itu membuat lini fesyen bersama. (youngster.id)

Tahu nggak, produk-produk NoonaKu Signature awalnya ditawarkan melalui media sosial dan aplikasi pesan instan. Awalnya Flo dan Fle hanya bisa menjual sekitar 30 potong baju per bulan.

Tapi sekarang kakak beradik itu mampu menjual hingga ribuan potong per bulan dan puluhan ribu potong baju per tahun. Omzet penjualan mereka pun mencapai Rp 4,3 miliar per tahun lo. Keren ya!

Reseller dan Relabel

Kiprah Flo di dunia bisnis fesyen rupanya sudah dimulai sejak dia masih berstatus mahasiswa. Perempuan kelahiran Jakarta 29 tahun lalu itu mengawali jalannya di dunia bisnis fesyen sebagai reseller lo.

“Waktu kuliah pada 2005, ada teman jualan baju secara daring di facebook. Keuntungannya hingga Rp 20 ribu per itemnya. Dari situ saya berpikir, mengapa nggak coba untuk memulai saja sambil bantu orang tua,” kata Flo kepada youngster.id (7/6/18).

Dari reseller, Flo menekuni bisnis fesyennya secara serius. Uang hasil penjualan sebagai reseller dia kumpulkan untuk modal mendirikan lini bisnis sendiri dengan label NoonaKu Signature.

Oya, sekarang NoonaKu Signature juga banyak menerima relabel atau melabeli ulang merek lain untuk perusahaan fesyen lo. Bahkan beberapa departement store pun mempercayai NoonaKu Signature untuk merelabel produk mereka.

Produk Noonaku Signature. (tokopedia)

Artinya produk NoonaKu Signature dibeli untuk kemudian dilabeli dengan merek mereka sendiri. Hm, berarti kualitas NoonaKu Signature benar-benar sudah teruji nih.

Selain sudah mendirikan sebuah toko di daerah Tangerang, ke depannya Flo berharap dapat mengembangkan bisnisnya ke bidang lain nih. Bisnis perjalanan dan makanan adalah beberapa bidang yang diliriknya.

Wah, semoga lekas terwujud ya, Flo! Kita juga nggak boleh kalah nih, Millens. Menjadi pengusaha sukses di usia muda? Siapa takut! (IB10/E05)