Ayunan Langkah Faoziah Arumi Menuju Kursi Mapres Nasional

Ayunan Langkah Faoziah Arumi Menuju Kursi Mapres Nasional
Faoziah Arumi (youtube.com)

Sering menjuarai lomba baca puisi, Faoziah Arumi juga menorehkan prestasi lainnya. Mewakili Unnes, dia kini menjadi finalis Mahasiswa Berprestasi Nasional 2018.

Inibaru.id – Muda, cerdas, dan bertalenta. Itulah sedikit gambaran tentang dara yang satu ini. Namanya Faoziah Arumi. Mapres (mahasiswa berprestasi) Universitas Negeri Semarang 2018. Mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia itu meraih nilai 96, 53 dan  mengalahkan ke lima belas peserta lainnya. Wah, hebat ya?

Eits, tentunya prestasi yang dicapai Arumi bukanlah proses yang instan. Mengutip suaramerdeka.com (29/6/2018), perempuan asal Tegal tersebut mengaku sudah mempersiapkan diri selama satu tahun untuk menghadapi seleksi Mapres. Dia bersyukur, karena akhirnya bisa mewakili Unnes mengikuti Mapres nasional.

Padahal untuk masuk finalis tingkat nasional nggak mudah, lo. Setelah  melewati seleksi mulai dari tingkat jurusan hingga universitas, dia masih harus melewati seleksi lebih ketat lagi untuk maju ke tingkat nasional, Millens.

Perlu kamu tahu, sebelum menjadi finalis Mapres nasional, tim juri dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) telah melaksanakan pemilihan tahap awal. Diikuti mapres dari berbagai perguruan tinggi, ada 17 mahasiswa program sarjana dan 9 mahasiswa program diploma yang akhirnya lolos untuk mengikuti penilaian tahap akhir. Wih, ketat dan sulit tentunya.

Persiapan Menuju Kursi Mapres

Penampilan Faoziah Arumi saat lomba baca puisi. (cahunnes.com) 

Nah, dalam seleksi menjadi finalis Mapres nasional tersebut, Arumi pun harus menyiapkan beberapa hal. Pasalnya, ada tiga penilaian yang dia lalui. Selain membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI), ada penilaian kemampuan berbahasa Inggris dengan membuat video berbahasa Inggris. Selain itu, dia harus menunjukkan 10 pencapaian prestasi yang telah diperoleh.

Kini, perempuan kelahiran 22 September 1996 itu tengah mempersiapkan diri menghadapi seleksi Mapres nasional tahap akhir. Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 9-12 Juli 2018 di Hotel Alana Jalan Adi Sucipto, Colomadu Karanganyar, Surakarta.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin. Tentu untuk mencapai puncak harus melewati banyak hal. Saya tetap optimis dan berdoa,” ujar mahasiswi yang kerap menjadi juara dalam berbagai ajang lomba itu.

Selain Mapres, Arumi memang sudah memiliki berbagai prestasi. Di antaranya menjadi Juara 2 lomba baca puisi internasional Universitas Sebelas Maret (UNS) 2016, Juara 1 lomba mendongeng nasional UNS 2017, Juara lomba baca puisi Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI) Tingkat Nasional pada 2017, hingga Juara 3 lomba baca puisi nasional Lembaga Akting Sitoresmi Prabuningrat pada 2017. Keren bukan?

So, selamat berjuang Arumi!  (IB05/E05)