Elaine Kusuma, Siswa SMA Pencetus Aplikasi Pengelola Keuangan

Elaine Kusuma, Siswa SMA Pencetus Aplikasi Pengelola Keuangan
Elaine Kusuma. (Murianews.com)

Aplikasi Stacksindo bisa membantu kamu mengelola keuangan. Tahu nggak, aplikasi ini dibuat oleh siswa SMA, lo!

Inibaru.id – Pernah nggak kamu kesulitan mengatur keuangan pribadimu? Hm, kalau keuangan pribadi saja nggak gampang diatur, bagaimana dengan ibu-ibu yang mengatur keuangan keluarga, ya? Eits, jangan khawatir! Kini, ada aplikasi khusus yang bisa membantu kamu, lo.

Elaine Kusuma adalah pencetus aplikasi yang bernama Stacksindo ini. Siswa SMA British International School Jakarta ini menciptakan aplikasi tersebut demi membantu ibu-ibu rumah tangga untuk mengelola keuangan keluarga mereka.

“Banyak sekali ibu-ibu rumah tangga, selain mendapatkan penghasilan dari suami, juga karena mereka bekerja,” ujarnya, seperti ditulis Murianews.com (19/9/2018).

Dengan aplikasi Stacksindo, para ibu dapat mengelola keuangan secara mendetail, termasuk mengenai sumber dana, jumlah rekening, pembelanjaan, dan sebagainya.

Aplikasi ini sekaligus berperan sebagai “konsultan”, lo. Elaine menyebutkan, kalau kamu berencana mengambil cicilan tertentu, aplikasi ini akan memberikan saran mengenai cicilan yang sanggup dibayar setiap bulan berdasarkan jumlah keuangan yang dimiliki.

”Misalnya kita ingin membeli sesuatu dengan harga yang cukup mahal. Maka nanti akan diatur di aplikasi ini, dan disesuaikan dengan bujet yang kita miliki,” jelas siswa yang juga aktif sebagai drummer band itu.

Eits, tapi Stacksindo nggak hanya ditujukan untuk para ibu rumah tangga. Siapa pun yang sudah memiliki penghasilan bisa memanfaatkan aplikasi ini. Apalagi, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis.

Aman

Kalau kamu khawatir data pribadimu bakal menjadi konsumsi publik, tepis jauh-jauh pemikiran tersebut. Menurut Elaine, aplikasi Stacksindo memiliki keamanan yang terjamin. Elaine dan tim sudah melakukan enkripsi terhadap keamanan data pengguna.

Dengan begitu, progammer dari tim Elaine pun bahkan nggak bisa membuka akun atau kata kunci dari pengguna.

“Jadi jangan khawatir. Semua aman digunakan,” tegasnya.

Keren banget, ya! Sosok seperti Elaine patut dijadikan inspirasi, nih. Apalagi, Elaine memiliki keyakinan bahwa anak muda sebagai masa depan bangsa perlu berbuat lebih dengan kemampuannya sendiri dan menjadi pionir di bidang masing-masing.

”Saya percaya bahwa the youth is the future. Itu harus dibangun dari sekarang. Kalau bukan kita sebagai anak muda yang membangun bangsa ini, siapa lagi? Kita mampu untuk itu,” paparnya.

Yuk, tiru optimisme Elaine! (IB08/E05)