Eks JKT48 Andela Yuwono Atasi Kebosanan dengan Main Board Game

Eks JKT48 Andela Yuwono Atasi Kebosanan dengan Main Board Game
Andela Yuwono, mantan personil JKT 48 memegang board game favoritnya. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)

Andela Yuwono: Karena ini cuma game doang. Harusnya nggak usah pakai baper. Aku kalah juga nggak baper.

Inibaru.id – Kata siapa orang dewasa nggak boleh nge-game? Nggak cuma mengisi waktu luang, main game bisa sedikit banyak mengurangi stres lo. Apalagi buat kamu yang merasa bosan dengan kehidupan yang cenderung monoton ini. Coba menepi dan rehat sejenak deh. Atau, kamu bisa ikuti cara seru dari Andela Yuwono ini.

Perempuan kelahiran Semarang 22 tahun silam ini punya cara khusus untuk mengatasi kebosanan yang melandanya. Yap, bermain board game. Meskipun bermain game di gawai juga bisa menjadi solusi, tapi Andela kadung kepincut dengan permainan yang identik dengan papan ini.

Meski dia sudah mengenal ular tangga, catur, dan monopoli sejak kecil, board game lain membuatnya ketagihan. Alhasil, sudah banyak jenis board game yang katam dia jajal dalam waktu 2 tahun terakhir.

Board game Santorini adalah favoritnya. Seperti catur, selain menyenangkan, Santorini membuatnya menyusun strategi khusus untuk menaklukan permainan ini. Hm, saya jadi penasaran dengan si Santorini ini.

Ekspresi keseriusan Andela Yuwono saat bermain Board Game. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)
Ekspresi keseriusan Andela Yuwono saat bermain Board Game. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)

“Main di HP enak juga, tapi kalau main board game itu, kita bertemu orang-orang baru, ada komunikasi, nggak yang cuma lihat layar doang tapi ketawa bareng, ngobrol bareng, ngumpul-ngumpul bareng,” ungkapnya dengan semringah.

Sembari menunggu game master menyusun board game yang akan dia mainkan bersama Andela, mantan personil JKT 48 ini bercerita pada saya kalau ada perubahan pada dirinya setelah bermain board game. Andela yang dulu bukanlah yang sekarang katanya. Dulu dia termasuk orang yang susah berkomunikasi dengan orang lain. Tapi setelah berkali-kali bermain board game, kini dia jadi orang yang nggak berhenti ngomong katanya. Ha-ha, saya ikut ketawa saja.

Untuk Andela yang merasa Lola (Loading lama), baginya bermain board game bisa melatih daya ingat dan kecepatan berpikir. Ini karena beberapa board game menuntut pemainnya untuk adu kecepatan.

Di tengah kesibukannya di Jakarta, Andela biasa menyempatkan diri untuk mampir ke Boardgame Library di Solo. Ya, sekadar melepas lelah, melucuti kebosanan, dan untuk bersenang-senang tentunya.

O ya, kamu harus ingat kalau bermain board game juga sama seperti permainan yang lain. Jangan seperti teman Andela yang sampai bermusuhan hanya karena salah satu pihak kalah dalam permainan ya! Cukup sama doi saja yang pakai perasaan, main board game jangan sampai kebaperan.

Kalah menang dalam permainan itu wajar ya Millens. Hm, ada yang berani menantang Andela bermain board game? (Dyana Ulfach/E05)