Dynasty Of Pitbull Semarang Ubah Stigma Pitbull Garang

Dynasty Of Pitbull Semarang Ubah Stigma Pitbull Garang
Peringatan hari ulang tahun ke-5 Dynasty Of Pitbull Semarang. (tribratanews.jateng.polri.go.id)

Garang, buas, dan kuat, itulah stigma yang melekat pada anjing Pitbull. Berbeda dari pandangan masyarakat, Pitbull adalah hewan cerdas dan lucu bagi komunitas Dynasty Of Pitbull Semarang (DOPS). Lalu, seperti apa, ya, komunitas ini?

Inibaru.id – Anjing dikenal sebagai hewan setia yang bisa diandalkan menjaga pemiliknya. Jenis pitbull cukup populer karena dapat dilatih sebagai penjaga atau patroli. Dibanding alat pendeteksi yang canggih, penciuman anjing pitbull lebih akurat. Daya tarik inilah yang membuat para pecinta anjing memilih memelihara jenis pitbull, kecintan ini juga turut melahirkan komunitas di kota Semarang.

Salah satunya adalah Dynasty Of Pitbull Semarang (DOPS) yang merupakan komunitas pecinta anjing di kota Semarang khususnya anjing pitbull. DOPS lahir pada bulan Januari 2012. Bukan hanya ajang kumpul-kumpul, DOPS bertujuan mencari, mengembangkan dan mencetak bibit-bibit pitbull baru untuk menjadi atlet anjing sport. Hm, lalu bagaimana ya bibit unggul yang dicetak komunitas ini?

Selain merawat pitbull, para pemilik punya peran penting untuk mengembangkan potensi anjing mereka, Millens. Mereka menjadi trainer untuk melatih ketangkasan dan kelincahan pitbull. Beberapa ketangkasan yang diuji adalah keterampilan melompat dengan ketinggian (spring pool) dan mendaki (vertical climb). Selain itu, anjing pitbull juga bisa berdandan layaknya model dan berpartisipasi dalam fashion show.

Seekor pitbull menunjukkan keterampilan mendaki (vertical climb). (youtube.com)

Jika dilatih sejak dini, anjing dapat menjadi sahabat yang cerdas bagi manusia, lo. Anjing-anjing yang terkenal sangar karena berbadan kekar dan berwajah garang itu ternyata begitu lincah dan dapat berprestasi.

Nah, memelihara pitbull jadi semakin menyenangkan deh. Selain bisa jadi sahabat, anjing kesayangan mereka juga bisa membuat bangga.

Dynasty Of Pitbull Semarang turut mendekatkan para pecinta pitbull di Indonesia melalui perlombaan yang kerap mereka adakan. Acara tersebut jadi ajang silaturahmi peserta yang datang dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bogor, Solo, Jogja, Surabaya dan kota besar lainnya.

Well, ternyata anjing pitbulll keren juga, kan, sobat Millens? Jangan takut dulu ya, bisa jadi anjing ini malah jadi penyelamat buatmu. (MG13/E05)