Mengenal Duta Rupiah, Para Penebar Cinta untuk Rupiah

Mengenal Duta Rupiah, Para Penebar Cinta untuk Rupiah
Cinta rupiah. (Duta.co)

Meskipun rupiah telah resmi jadi mata uang Indonesia, tapi rasa memiliki masyarakat kepada rupiah harus tetap ada, Millens.

Inibaru.id – Empat tahun setelah Indonesia merdeka, rupiah resmi ditetapkan sebagai mata uang negara. Namun, rupiah bukan hanya sekadar hitungan nilai tukar di Indonesia, Millens. Rupiah juga punya peran penting dalam memajukan ekonomi dan persatuan bangsa.

Karena itu, sudah seharusnya Sobat Millens cinta rupiah. Yap, pasti kamu familier dengan frasa tersebut. Frasa cinta rupiah mulai terkenal saat krisis moneter tahun 1998 melalui Gerakan Cinta Rupiah. Gerakan ini bertujuan agar masyarakat lebih menghargai mata uang negara dibanding mata uang dari negara lain.

Nah, gerakan tersebut masih digalakkan lo hingga sekarang. Bahkan, kini ada yang namanya Duta Rupiah. Duta Rupiah memiliki peran untuk menanamkan rasa cinta masyarakat kepada rupiah.

Duta rupiah. (Tribunnews.com)

Tahun 2017 menjadi awal pemilihan Duta Rupiah yang pertama. Saat itu, Fadila Fitriyani jadi juara 1 sedangkan Lucia Niken Tri Hastuti jadi juara 2. Ditulis Tribunnews.com (23/9/2018), mereka menceritakan suka dukanya selama mengemban tugas sebagai Duta Rupiah bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo.

Fadila bercerita bahwa nggak mudah untuk mengenalkan Gerakan Cinta Rupiah ke seluruh golongan masyarakat. Dia harus mampu menghadapi dan menentukan cara yang tepat ke setiap golongan masyarakat yang berbeda.

“Bahkan masyarakat yang belum bankable, yakni masyarakat di daerah pinggiran,” ucap karyawan Bank Mandiri Solo tersebut.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Lucia Niken Tri Hastuti. Dia mendapat banyak pengalaman unik dan menarik serta tantangan yang cukup besar.

Lebih lanjut, edukasi tentang ciri-ciri uang palsu jadi topik yang paling sering ditanyakan oleh masyarakat kepadanya.

“Masyarakat yang belum bankable, edukasi tenatng uang palsu yang merujuk pada gerakan 3D masih sangat minim,” jelasnya.

Duta rupiah. (Tribunnews.com)

Selain gerakan 3D, hal penting lain yang coba disosialisasikan Niken adalah gerakan 5J. yaitu gerakan untuk memperlakukan uang dengan baik (jangan dilipat, jangan dicoret, jangan distapler, jangan diremas, dan jangan dibasahi).

Karyawan Bank Rabo Surakata tersebut berharap, semoga Duta Rupiah 2018 terpilih bisa lebih masif lagi menggalakan Gerakan Aku Cinta Rupiah ke seluruh lapisan masyarakat.

Kalau kamu cinta rupiah kan, Millens? (IB06/E05)