Duo Fabelio Masuk Jajaran Forbes 30 Under 30 Asia

Pandai melihat peluang bisnis dan berhasil mengembangkan bisnis furnitur e-commerce. Keberhasilan mereka memang pantas diganjar penghargaan.

Duo Fabelio Masuk Jajaran Forbes 30 Under 30 Asia
Dari kiri ke kanan: Christian Sutardi, Krisnan Menon, Srinivas Sista (Director of Operation Fabelio), dan Marsel Utoyo.

Inibaru.id – Seiring pesatnya pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia, ketiga sahabat ini memutuskan untuk ikut terjun di dalamnya. Yap, mereka adalah Christian Sutardi, Krisnan Menon, dan Marsel Utoyo.

Ketiganya merupakan pendiri Fabelio, bisnis e-commerce yang bergerak di bidang furnitur. Bisnis itu mereka rintis sejak 2015. Bukan tanpa modal, ketiganya memang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis.

Melansir laman swa.co.id (22/1/16), Krisnan dan Christian sebelumnya pernah bekerja di beberapa perusahaan e-commerce yang memiliki nama besar seperti Lazada dan Zalora. Sementara Marsel sudah lama berkecimpung di dunia desain furnitur. Dia bahkan sudah punya perusahaan sendiri.

“Di luar negeri sudah banyak e-commerce furnitur. Tapi di Indonesia belum ada padahal kan di sini banyak pengrajin,” ujar Christian pada finance.detik.com (21/5/18).

Christian, Krisnan, dan Marsel membangun tim dengan masing-masing tanggung jawab yang berbeda. Mulai dari desain, pemasok bahan baku, teknologi informasi, hingga pemasaran.

Furnitur yang didesain Fabelio cenderung bergaya minimalis dan Skandinavian. Eits, tentu saja tanpa meninggalkan unsur Indonesia di dalamnya. Sedangkan bahan bakunya pun 100 persen kayu Indonesia.

Oya, Fabelio menjalin mitra dengan para pengrajin furnitur yang sebagian besar ada di Jawa Tengah khususnya Jepara, Millens. Fabelio membuat desain, kemudian akan dibuat oleh para pengrajin tersebut.

“Kami berikan desain lalu para pemasok menyiapkan material dan tenaga produksi. Saat ini Fabelio punya 25 pemasok dengan spesialisasi masing-masing. Ada yang khusus memproduksi furnitur kayu jati, mahoni, pinus, membuat sofa, dan lainnya,” jelas Christian pada swa.co.id (22/1/16).

Christian juga menambahkan, mereka pengin para pemasok fokus dengan spesialisasi masing-masing agar kualitas produk tetap terjaga.

Furnitur yang dijual di Fabelio beragam nih. Mulai dari kursi, sofa, meja, hingga tempat tidur. Jika ditotal, kurang lebih ada 4.200 jenis produk yang dijual via laman web mereka fabelio.com. Dalam sebulan, Fabelio bisa menjual enam ribu hingga sepuluh ribu furnitur. Wow!

Eits, dengan kualitas yang nggak kalah dengan produk luar negeri, harga furnitur di Fabelio jelas lebih terjangkau.

Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia

Beberapa waktu lalu Forbes merilis daftar terbaru anak muda yang sukses sebelum memasuki usia 30 tahun. Nah, dua di antara tiga pendiri Fabelio termasuk di antaranya lo. Nama Marsel Utoyo dan Krisnan Menon masuk dalam kategori retail dan e-commerce.

“Saya senang banget. Beruntung banget dijajarkan sama orang-orang yang jauh lebih hebat dari kami,” kata Marshall seperti ditulis finance.detik.com (21/5/18).

Yap, perjuangan mereka dalam mengembangkan bisnis furnitur e-commerce di Indonesia mendapat hasil yang setimpal ya. Nggak ada proses yang bakal mengkhianati hasil, Millens. Kamu juga harus tetap semangat ya! (IB10/E05)