Chris Lie, Komikus Bertalenta asal Indonesia yang Mendunia

Chris Lie, Komikus Bertalenta asal Indonesia yang Mendunia
Chris Lie menjadi salah seorang komikus Indonesia yang pernah berkarier di Marvel Comics, Amerika Serikat. (MLDspot)

Sobat Millens pasti tahu dengan karakter pahlawan super yang diproduksi oleh Marvel, seperti Iron Man, Spiderman, dan Captain America kan? Nah, kamu tahu nggak sih, komik-komik karakter superhero yang meraih sukses besar tersebut ternyata ada campur tangan orang Indonesia, lo.

Inibaru.id – Dia adalah Chris Lie, seorang ilustrator sekaligus komikus Tanah Air yang turut andil dalam pembuatan ilustrasi karakter-karakter superhero Marvel Comics. Yap, Chris Lie memang pernah menjadi bagian dari agensi Marvel Comics di Amerika Serikat.

Nggak hanya karakter komik Marvel, Millens, Chris Lie juga membuat beberapa komik lain yang sudah terkenal hingga kancah internasional, seperti komik Return of the Labyrinth yang masuk daftar manga best seller di The New York Times serta menjadi ilustrator komik dan figur laga GI Joe. Chris juga menjadi co-creator serial komik Drafted One Hundred Days edisi khusus Barack Obama yang diedarkan di seluruh dunia. Keren banget!

Meski sudah terkenal di kancah internasional, nggak membuat Chris Lie lupa dengan tanah kelahirannya, Indonesia. Pada 2008, Chris kembali ke Tanah Air dan mendirikan sebuah studio ilustrasi dan komik di Jakarta yang diberi nama Caravan Studio.

Mengutip dari Kompas.com (11/6/2018), Chris Lie mengungkapkan ingin memajukan industri komik dalam negeri merupakan mimpinya saat ini. Dia yakin bahwa banyak anak bangsa yang memiliki talenta untuk membuat karya-karya komik yang berkualitas.

Setelah lama berkarier di luar negeri, Chris Lie kembali ke Indonesia dan memiliki keinginan untuk meningkatkan kualitas komik dalam negeri. (MLDspot)

Untuk mewadahi karya para komikus dalam negeri, pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Arsitektur ini mendirikan penerbitan komik Re:ON Comics bersama Andik Prayoga dan Yudha Negara Nyoman pada Juli 2013. Re:ON Comics menjadi wadah komikus dari berbagai daerah untuk menyalurkan karya-karyanya sehingga dapat lebih dikenal masyarakat.

Sempat Diragukan Menjadi Komikus

Awalnya, cita-cita menjadi komikus sempat diragukan oleh orang tua Chris Lie. Dia pun masuk jurusan Arsitektur dan lulus dengan predikat cum laude. Saat kuliah pun, Chris Lie tetap meluangkan waktu untuk menekuni kegemarannya pada dunia komik dan sempat mendirikan studio komik bersama teman-temannya yang diberi nama Bajing Loncat. Namun sayang, studio itu terpaksa bubar karena kurang menguntungkan.

Setelah lulus kuliah, Chris sempat menggarap beberapa proyek arsitektur. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana di Bali dan Nyoman Nuarta Sculpture Park di Bandung merupakan beberapa karyanya dalam dunia arsitektur, nih, Millens. Namun Chris Lie lebih merasa bahwa renjananya ada di dunia komik.

Chris Lie berhasil mencetak prestasi dengan karya-karyanya, misalnya pada 2001 dia menjadi juara di ajang International Art Festival; mendapatkan beasiswa Fullbright Scholar untuk kuliah di kampus impian, Savannah College of Art and Design, Georgia, Amerika Serikat.

Pada 2004 mendapatkan kesempatan magang di penerbitan komik independen ternama di Chicago, bernama Devil’s Due Publishing. Saat magang itulah Chris menggarap ilustrasi, kemasan, action figure, serta media promosi lain untuk komik GI Joe Sigma. Lambat laun, kariernya semakin menanjak dan namanya terkenal di kalangan penggemar komik Amerika Serikat.

Nah, apakah di antara Sobat Millens ada yang akan menjadi the next Chris Lie? (IB12/E05)