Cegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Puasa dengan Makanan Ini

Cegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Puasa dengan Makanan Ini
Ilustrasi bibir kering. (Shutterstock)

Saat berpuasa, tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini bisa mengakibatkan bibir dan kulit menjadi kering atau pecah-pecah. Untuk mencegahnya, berikut makanan yang bisa kamu konsumsi saat sahur atau buka puasa.

Inibaru.id - Belasan jam berpuasa membuat tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Hal ini membuat tubuh terkena dehidrasi. Dampaknya, kulit dan area bibir bisa menjadi kering serta pecah-pecah.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan lip scrub, lip balm, atau lip butter. Selain itu, kamu juga bisa mengatur pola makan demi mencegah datangnya masalah kesehatan tersebut.

Berikut adalah makanan-makanan yang bisa mencegah bibir kering dan pecah-pecah saat puasa. Simak, yuk.

Makanan yang Kaya akan Riboflavin

Makanan riboflavin. (Shutterstock)
Makanan riboflavin. (Shutterstock)

Riboflavin memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan tubuh manusia lo, Millens. Hal ini dikarenakan riboflavin yang termasuk dalam mikronutrien yang mudah dicerna dan bersifat larut dalam air. Ada banyak sekali jenis ,akanan yang kaya akan riboflavin seperti telur rebus, jamur, sayuran hijau, keju, hingga almond. Mengonsumsinya bisa membantu mencegah bibir dan kulit pecah-pecah.

Jeruk

Jeruk. (Istimewa)
Jeruk. (Istimewa)

Vitamin C dipercaya dapat melembutkan kulit dan bibir karena dapat membantu proses regenerasi kulit. Makanan dengan kadar vitamin C tinggi yang bisa kamu konsumsi saat sahur maupun buka adalah buah jeruk, pepaya, brokoli, paprika, dan kacang polong.

Daging Ikan Salmon

Salmon. (iStockPhoto)
Salmon. (iStockPhoto)

Ikan Salmon mengandung asam lemak omega-3, komponen anti inflamasi, dan selenium. Berbagai kandungan ini bisa mencegah datangnya masalah kulit atau bibir kering. Khusus untuk selenium, kandungan ini bisa mengeluarkan racun pada kulit dan mencegah penuaan dini.

Produk Olahan Gandum

Gandum. (Shutterstock)
Gandum. (Shutterstock)

Kulit perlu mengganti sel lama dengan yang baru agar tetap halus dan lembab. Salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk proses regenerasi sel ini adalah vitamin B3. Vitamin B3 juga bisa membantu mencegah kerusakan kulit dari sinar matahari, polusi, dan berbagai hal lainnya.

Makanan yang kaya akan vitamin B3 bisa kamu jumpai dengan mudah di swalayan maupun pasar tradisional. Sebagai contoh, kamu bisa membeli gandum utuh atau sereal gandum, daging ayam, daging sapi, dan kacang-kacangan.

Buah Beri

Beri. (Istimewa)
Beri. (Istimewa)

Buah beri bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan, vitamin C, dan beta karoten yang tinggi di dalamnya. Selain itu, cobalah mengonsumsi stroberi atau blueberry saat sahur agar bibir tetap sehat selama berpuasa.

Timun

Timun. (Primaradio)
Timun. (Primaradio)

Mengonsumsi timun saat sahur atau berbuka puasa bisa membantu mencegah masalah bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini disebabkan oleh kandungan air di dalamnya yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa membantu mecegah datangnya dehidrasi. Selain itu, timun juga mengandung komponen silica yang bisa meningkatkan elastisitas kulit.

Nggak perlu khawatir jika bibir kamu kering dan pecah-pecah saat puasa, ya Millens. Asalkan kamu rutin mengonsumsi makanan-makanan tersebut, masalah tersebut bisa diatasi. (Kum/IB24/E07)