Capaian Istimewa Timnas Voli Indonesia Jadi Bekal SEA Games

Prestasi istimewa masuk dalam kualifikasi empat besar di ajang Kejuaraan Senior Voli Asia yang ke-19, jadi pemantik awal Timnas Bola Voli Indonesia untuk berlaga di SEA Games 2017.

Capaian Istimewa Timnas Voli Indonesia Jadi Bekal SEA Games
Timnas Voli Indonesia (Foto:http://boydesouza.blogspot.co.id)
1k
View
Komentar

Inibaru.id - Menggapai peringkat empat besar di kancah Asia merupakan sebuah prestasi istimewa bagi Tim Nasional (Timnas) Bola Voli Indonesia. Bermain di ajang Kejuaraan Senior Voli Asia yang ke-19 di Gresik, Jawa Timur, timnas berhasil melampaui capaian delapan besar sebagaimana ditargetkan sebelumnya. Timnas bahkan melaju hingga hingga empat besar yang artinya masuk pada kulalifikasi semifinal.

Dilansir dari Antara, timnas Bola Voli Indonesia sebelumnya sempat absen sekitar 6 tahun lebih dalam ajang voli internasional. Dengan prestasi sepanjang berdirinya tim bola voli indoor Indonesia, pencapaian empat besar Asia tentu menjadi posisi terbaik.

Pelatih Jepang Nagakaichi Yuichi pun mengakuinya. Timnas Indonesia memang tampil gemilang pada ajang tersebut. Timnas bahkan langsung menjadi pusat perhatian tim-tim besar Asia yang awalnya hanya memandang sebelah mata kekuatan tim asuhan Samsul Jais tersebut.

Masuknya Tim Voli Indonesia dalam lingkaran empat besar tim-tim Macan Asia di ajang itu tidaklah didapat dengan mudah, dan harus penuh perjuangan. Awalnya Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Komisaris Jenderal Polisi lmam Sudjarwo hanya menargetkan masuk delapan besar.

Imam mengakui, target tersebut cukup berat mengingat lawan-lawan Indonesia di ajang itu merupakan tim yang berpengalaman ditingkat internasional dan mempunyai postur tubuh di atas rata-rata pemain Indonesia.

Indonesia masuk ke babak semifinal kejuaraan Asia setelah mengalahkan juara voli dunia, Iran pada pertandingan di GOR Tridharma Petrokimia Gresik. Kendati demikian, timnas Indonesia harus berjibaku menjalani pertandingan hingga lima set. Prestasi timnas memang bisa dikatakan sangat spesial, hingga siapapun patut merasa bangga.

Meski mengaku bangga, pelatih timnas voli Indonesia Samsul Jais enggan merayakannya dengan euforia berlebih, lantaran target utama tim voli Indonesia menatap ajang sesungguhnya, yakni SEA Games XXIX/2017 yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

Menurutnya, Kejuaraan Voli Senior Asia ke-19 merupakan ajang untuk menguji kemampuan awal.

"Kami bersyukur bisa meraih prestasi tertinggi di kejuaraan Asia. Namun, kami harus menatap ajang yang sesungguhnya yakni SEA Games," kata Samsul.

Sementara itu Samsul menilai ada dua negara yang patut diwaspadai Indonesia di SEA Games. Di antaranya, Thailand dan Vietnam yang pada ajang Voli Senior Asia tampil melempem.

Pada SEA Games nanti, ia berencana membawa tim yang sama ketika dengan Kejuaraan Asia. Indonesia sendiri dijadwalkan akan berlaga di Pool B bersama Timor Leste, Filipina, dan Vietnam.

"Kami hanya mempunyai waktu dua pekan untuk memulihkan kondisi pemain dan ofisial jelang SEA Games setelah mayoritas pemain ambruk akibat kelelahan melawan tim besar Asia," kata Asisten Pelatih Tim Voli Indonesia, Andri Widyatmoko.

Hmm, mungkin memang di sinilah ujian sesungguhnya! (GIL/IB)