Bosan Nonton Film yang Itu-itu Saja, Sulvian Putuskan Bikin Film Sendiri
Sulvian (pojok kanan) bersama tim produksinya. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Bosan Nonton Film yang Itu-itu Saja, Sulvian Putuskan Bikin Film Sendiri

Sulvian Putra Pradana adalah salah seorang peserta Short Film Competition (SMOC) Universitas PGRI Semarang. Sineas cilik ini mengaku bosan jika hanya menonton film saja sehingga memutuskan menggeluti dunia film. Gimana kisahnya?

Inibaru.id - Dalam kemeriahan Short Film Competition (SMOC) yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas PGRI Semarang saya menemui Sulvian Putra Pradana. Sulvian merupakan salah seorang dari 10 peserta yang dinyatakan lolos.

Sulvian yang kini duduk di kelas 12 ini mengaku telah bergulat dalam pembuatan film semenjak kelas 3 SD. Bosan menonton film karya orang lain membuatnya berkeinginan memproduksi film sendiri agar bisa ditonton sendiri.

“Saya suka nonton film. (Paling nggak) Sehari satu film, lah lama-lama bosan. Gimana kalau semisal saya bikin film sendiri trus ditonton sendiri,” ucap Sulvian polos.

Film yang ditampilkan dalam SMOC. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Siswa 17 tahun ini mengaku menggunakan ponsel zadulnya untuk merekam lalu untuk menyambung adegan dia menggunakan aplikasi di komputernya. “Lalu saya tonton sendiri, oh ternyata bikin film tu seperti ini,” kenang Sulvian.

Kesukaannya membuat film semenjak kecil tersalurkan ketika dia masuk ke bangku sekolah menengah atas. Di MAN 2 Banjarnegara, dia bergabung dengan ekstrakulikuler sinematografi. Berproses di ekskul ini membuat Sulvian semakin mahir. Hingga saat ini dia mengaku sudah memproduksi 9 film bersama tim produksinya. Wah!

Sabet Juara Nasional

Siswa IPS ini mengaku rata-rata menghabiskan 3 hari untuk memproduksi satu film pendek. Menurutnya tiga hari itu merupakan waktu yang singkat. Di waktu yang sesingkat itu, mencari aktor yang pas merupakan hal yang sulit.

Suasana pemutaran film. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Meski sudah sering memproduksi film, nggak ada satupun filmnya yang bikin Sulvian puas. Eits tapi jangan salah, film produksi sineas muda ini sudah sering mejeng di berbagai festival film lokal hingga nasional lo. Bahkan salah satu film produksinya menyabet juara 1 di Festifal Film Konservasi di Institut Pertanian Bogor. Salut!

Sulvian yang berawal dari coba-coba ini kini nampak serius menggeluti dunia perfilman. Dia bahkan sudah merencanakan konsep ticketing untuk screening film karyanya. “Saya juga pengin masuk jurusan manajemen agar bisa mengatur rumah produksi film saya sendiri,” pungkas Sulvian.

Wah salut banget sama semangat Sulvian ini! Semoga semakin banyak sineas muda yang terinspirasi ya, Millens! (Zulfa Anisah/E05)