Berkenalan dengan Akbar Mashti, Bapak Es Krim Bastani dari Iran

Berkenalan dengan Akbar Mashti, Bapak Es Krim Bastani dari Iran
Salah satu kedai es krim Akbar Mashti di Shiraz, Tehran. (Tripadvisor)

Akbar Mashti adalah pencipta bastani, es krim yang kini menjadi salah satu kuliner populer di Iran. Jatuh-bangun usaha Akbar Mashti nggak lepas dari usaha kawannya, Mohammad Rish. Yuk, simak gimana perjalanan bastani menjadi es krim terfavorit warga Tehran!

Inibaru.id – Akbar Mashti menginjak usia 42 tahun ketika mendirikan kedai es krim pertamanya di Tehran, Iran. Bersama seorang teman bernama Mohammad Rish, dia menjalankan bisnis mereka pada akhir 1920.

Lelaki asal Desa Malayer ini berusaha merebut hati warga Tehran lewat es krim racikannya yang dinamainya Bastani. Setelah Mohammad Rish memutuskan mencari pekerjaan lain, Akbar Mashti tetap tekun menjalani bisnis tersebut.

Satu abad kemudian, bastani dikenal sebagai salah satu hidangan penutup terbaik dari negara bekas Kekaisaran Persia ini.

Mohammad Rish memiliki andil besar dalam membantu mengembangkan bisnis Akbar Mashti. Sebagai kolega, Mohammad Rish memiliki koneksi yang luas hingga membantu temannya menjalin hubungan baik dengan kerabat-kerabat Raja Persia, Mozafar-o-ddin Shah. Dari perkenalan itu pula, bastani buatan Akbar Masti makin dikenal para bangsawan.

http://www.simurgh.co.uk/wp-content/uploads/2018/11/Saffron-Pistachio-Persian-Ice-Cream.jpg

Bastani kini menjadi camilan terkenal di Iran. (simurgh.co.uk)

Bastani terbuat dari kuma-kuma yang dicampur dengan krim dan air mawar. Meski tampak aneh, nyatanya es krim ini enak dimakan.

Setelah memutuskan pensiun, Akbar Masthi lantas menyerahkan bisnisnya untuk dijalankan sang anak pada 1950. Sejak itu pula, bastani makin terkenal. Nggak sedikit warga setempat dan wisatawan luar negeri yang mengunjungi kedai es krim ini.

Gimana, pengin merasakan manisnya bastani? Untuk merasakan es krim ini, kamu nggak perlu jauh-jauh terbang ke Iran, kok. Inibaru punya resepnya untuk kamu.

(Baca Juga: Mencicipi Bastani, Es Krim Lembut dari Iran Untukmu Berbuka Puasa)

Kapan mau coba bikin bastani? (IB15/E03)