Berbekal Kepercayaan, Nandar Hidayat Raup Untung dari Sate Surimi

Berbekal Kepercayaan, Nandar Hidayat Raup Untung dari Sate Surimi
Nandar Hidayat pemilik usaha Sate Surimi. (Seputarkudus.com)

Berangkat dari sebuah kepercayaan, Nandar Hidayat memulai usaha Sate Surimi. Kini, dia telah memiliki banyak cabang di beberapa daerah dengan keuntungan puluhan juta rupiah.

Inibaru.id - Melihat banyaknya surimi yang nggak laku di pabrik tempatnya bekerja, seorang pria asal Kudus memiliki ide untuk mengolah surimi menjadi produk yang memiliki nilai jual lebih. Yap, pria tersebut adalah Nandar Hidayat (27), pemilik usaha Sate Surimi.

Melansir dari seputarkudus.com, (12/12/2017), pria yang akrab disapa Nandar ini mengungkapkan mulai merintir usaha Sate Surimi sejak dia masih duduk di bangku kuliah, yakni di STAIN Kudus.

FYI, surimi adalah bahan makanan yang berasal dari olahan daging ikan. Nandar mencoba memasak produk surimi dengan cara dibakar kemudian ditusuk hingga seperti sate, kemudian dia memberikan sate surimi itu kepada lima orang sebagai bahan percobaan.

Dia mengungkapkan, dari kelima orang tersebut, hanya satu yang berkata laku, sedangkan empat di antaranya berkata nggak laku. Nah, hanya dari satu orang yang mempercayainya itu, Nandar yakin untuk memulai usahanya nih, Millens.

Sate Surimi. (Seputarkudus.com)

“Aku ingat tepat pada Natal tahun 2014 aku mulai menjual olahan produk Sarimi dalam keadaan matang di Taman Krida Kudus. Saat itu aku diperbolehkan membawa dulu aneka produk olahan Surimi untuk aku jual dalam keadaan matang. Begitu juga dengan perabotannya semua dipinjami perusahaan, dari freezer, meja dan lainnya,” jelasnya.

Aneka Saus

Millens mau icip-icip? Ada banyak macam saus agar surimi bakar ini tambah nikmat lo. Di antaranya barbeque, bolognese, balado pedas, dan masih banyak lagi.

Tahu nggak? Mulanya, Nandar hanya berjualan seminggu sekali saat acara car free day. Namun karena respon konsumen sangat bagus, Nandar berani untuk membuka kios tetap. Saat ini, Nandar telah memiliki sepuluh cabang Sate Surimi yang tersebar di Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Purwodadi, serta Semarang.

Hingga kini, Nandar mengaku telah meraup omzet Rp 35 juta sebulan dari usaha Sate Surimi tersebut. Wah!

Nggak hanya itu, Millens, Nandar juga mendapatkan penghargaan sebagai juara satu Bisnis Man tingkat Jawa Tengah dan juara satu Kuliner Kreatif tingkat Jawa Tengah, lo. Keren kan? Yuk ah tingkatkan keberanian bangun usaha. (IB12/E05)