Benarkah Payudara Besar Sebelah Tanda Adanya Penyakit?

Benarkah Payudara Besar Sebelah Tanda Adanya Penyakit?
Ilustrasi payudara besar sebelah. (Flickr/Erin Leigh McConnell)

Banyak wanita yang nggak percaya diri dengan bentuk payudaranya yang nggak simetris alias besar sebelah. Hanya, apakah benar jika payudara besar sebelah juga menandakan adanya penyakit? Yuk, simak faktanya!

Inibaru.id - Setiap wanita memang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun, sebagian wanita merasa khawatir dan merasa bahwa ukuran payudaranya besar sebelah atau asimeteris. Nggak hanya membuat rasa percaya diri turun, banyak wanita yang juga takut hal ini adalah tanda dari adanya penyakit. Apakah hal ini memang benar.

Pakar kesehatan perempuan Jennifer Wider, MD menyebut payudara yang besar sebelah atau asimetris sebagai hal yang wajar terjadi, terlabih pada ibu hamil atau menyusui.

“Sebenarnya lebih umum bagi perempuan untuk memiliki bentuk dan payudara yang berbeda dari payudara yang benar-benar simetris,” ujar Jennifer.

Lantas, mengapa payudara bisa nggak simetris? Jennifer menyebut sebagian besar payudara diisi oleh lemak dan ukurannya sangat dipengaruhi oleh berat badan. Kalau berat badanmu naik atau turun, nggak selalu perubahan ini terjadi secara merata, termasuk pada payudaramu, Millens.

Selain itu, hal lain yang dapat membuat penampilan payudaramu simetris adalah kondisi medis. Sebagai contoh, kalau kamu mengalami masalah pada tulang belakang seperti skolilosis, akan mengalami efek samping ini. Hanya, kasus ini biasanya cukup jarang terjadi.

Meski secara umum hal ini wajar terjadi, jika kamu curiga dengan keanehan pada payudara, termasuk pada ukurannya yang tidak wajar, bisa jadi penyebabnya adalah kanker payudara. Kamu pun sebaiknya memeriksakan hal ini ke dokter.

Cara Membuat Payudara Asimetris Nggak Terlalu Terlihat

Kalau kamu nggak percaya diri dengan payudara yang nggak simetris, bisa kok menutupinya dengan berbagai cara berikut ini.

Mengenakan Bra Olahraga dan Baju yang Pas

Ilustrasi baju yang pas untuk menutupi payudara tidak rata. (Flickr/Mac Vincente)
Ilustrasi baju yang pas untuk menutupi payudara tidak rata. (Flickr/Mac Vincente)

Cara pertama agar payudaramu yang besar sebelah nggak terlalu terlihat adalah dengan menggunakan tipe bra tertentu, seperti bra khusus untuk olahraga atau sport bra. Sport bra dapat membuat payudara yang besar tampak lebih rata. 

Dengan begitu, hal tersebut akan mencegah payudara yang besar tampak menyembul keluar dari bra. Jadi ukurannya akan tampak hampir sama dengan payudara yang lebih kecil, Millens.

Menutupinya Dengan Rambut

Menutup payudara tidak rata dengan rambut. (Flickr/Adamtasmusic)
Menutup payudara tidak rata dengan rambut. (Flickr/Adamtasmusic)

Kalau rambutmu panjang, urailah rambutmu dengan menata sebagian rambut ke depan dada untuk menutupi payudaramu yang kecil. Dengan begitu, ukuran payudaramu nggak terlalu nampak berbeda, Millens.

Mengatur Postur Tubuh

Mengatur postur tubuh demi membuat payudara terlihat lebih rata. (Flickr/Erynegphotography)
Mengatur postur tubuh demi membuat payudara terlihat lebih rata. (Flickr/Erynegphotography)

Payudara bisa lebih simetris dengan cara mengatur posisi tubuh. Saat duduk, coba hindari menghadap ke depan. Cobalah duduk menyamping dengan posisi payudara yang lebih besar berada di tempat yang jauh dari hadapan orang lain.

Posisi menyamping ini akan membuat payudaramu yang lebih kecil tampak sama ukurannya dengan payudara yang lebih besar. Lakukan juga posisi ini saat kamu sedang berfoto ya, Millens.

Menggunakan Padding

Memakai padding bisa membuat payudara terlihat lebih simetris. (Flickr/Mac Vincente)
Memakai padding bisa membuat payudara terlihat lebih simetris. (Flickr/Mac Vincente)

Kamu juga bisa menggunakan pad atau pengganjal di balik bla. Pertama-tama, kamu harus memilih padding yang nyaman digunakan untuk membuat kedua payudaramu tampak simetris. Kedua, pilih bra dengan padding yang bisa dilepas.

Kelebihan dari bra yang dilengkapi padding yang bisa dilepas adalah kamu bisa menambahkan padding lebih banyak pada payudaramu yang lebih kecil. Selain itu, kamu juga bisa memasang satu padding pada payudara yang lebih kecil dan melepas padding pada payudara yang lebih besar agar ukurannya bisa sama, Millens.

Kamu juga bisa memilih bra dengan lined cup. Line cup bra merupakan tipe bra dengan tambahan busa pada bagian cup. Bra jenis ini dapa menyamakan ukuran payudara besar sebelah lo, terutama kalau perbedaan ukurannya nggak terlalu jauh. Bra seperti ini juga bisa membantumu mempertahankan bentuk dan ukuran payudaramu agar tetap sama, Millens.

Gimana, Millens, sudah mengecek kondisi payudaramu, belum? Apakah simetris atau justru terlihat besar sebelah, nih? (Sua/IB24/E07)