Begini Cara Atasi Kutu Air dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah
Ilustrasi. (Liputan6)

Begini Cara Atasi Kutu Air dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah

Kutu air jadi penyakit kulit langganan di musim hujan. Perih dan gatal akibat kutu air bikin sensasi yang nggak nyaman. Untuk mengatasinya, pakai bahan alami yang ada di rumah berikut ini!

Inibaru.id - Saking seringnya terjadi di musim hujan, banyak yang meremehkan kutu air. Padahal penyakit satu ini bisa meyebabkan sensasi yang nggak nyaman jika dibiarkan. Bahkan kutu air bisa meyebabkan infeksi dan menyebar ke bagian tubuh lain jika tak ditangani lo.

Eits nggak usah panik! Jika kamu nggak punya persediaan obat, kamu bisa memakai beberapa bahan alami ini untuk mengatasi kutu air. Apa saja?

Larutan Cuka

Ilustrasi. (jurnalnews)
Ilustrasi. (jurnalnews)

Cuka mengandung asam asetat yang diyakini memiliki sifat antijamur yang mampu mengatasi kutu air. Cara membuatnya pun mudah, cukup campur satu cangkir cuka dengan dua gelas air. Lalu rendam kakimu yang telah dibersihkan kedalam larutan cuka tersebut. Mudah, kan?

Bawang Putih

Bawang putih. (piqsels)
Bawang putih. (piqsels)

Bawang putih dipercaya mengandung antiseptik alami yang dapat membantu mengobati kutu air di telapak kaki. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan ajoene dalam bawang putih mampu mengobati kutu air, lho.

Garam Laut

Ilustrasi air garam. (Tribunnews)
Ilustrasi air garam. (Tribunnews)

Memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, garam laut dapat mengatasi kutu air di telapak kaki sekaligus bisa menghambat penyebarannya. Cukup larutkan satu cangkir garam laut ke dalam air hangat. Kemudian rendam kakimu dengan larutan air garam tersebut selama 20 menit. Mudah kan, Millens?

Teh Hijau

Teh hijau. (Shutterstock)
Teh hijau. (Shutterstock)

Hanya dengan merendam kakimu kedalam seduhan teh hijau, kutu air dijamin lenyap! Meski mengalami pengelupasan dan kemerahan pada kulit, tanda ini merupakan kandungan polifenol sedang bekerja. Kandungan polifenol yang terdapat pada teh hijau bersifat antijamur sehingga dapat mengatasi kutu air yang ada di kakimu.

Mudah banget kan, Millens! Yuk siapkan sendiri di Rumah! (IB24/E06)