Bayu Skak, Mulai Karier Youtuber dari Kamera 3 Megapiksel

Bayu Skak, Mulai Karier Youtuber dari Kamera 3 Megapiksel
Bayu Skak mendapat penghargaan dari Youtube. (blogkepobanget.blogspot.com)

Nggak ada usaha yang berakhir sia-sia. Mungkin itulah ungkapan yang paling pas untuk perjuangan Bayu Skak sebagai Youtuber selama 8 tahun ini.

Inibaru.id – Sukses jadi Youtuber terkenal, bahkan bisa memproduksi film layar lebar bukan berarti Bayu Skak merintis kariernya tanpa halangan. Ada banyak sekali perjuangan yang harus dia lewati hingga akhirnya bisa memetik hasil manis seperti sekarang ini.

Ditulis Tabloidbintang.com (18/02/2018), Bayu bahkan pernah mendapat tentangan dari kedua orang tuanya. Dia menceritakan bahwa dulu keputusannya menjadi Youtuber nggak didukung. Namun dengan usaha dan pengertian, kini orangtua Bayu selalu mendukungnya untuk terus berkarya.

"Orang tua support aku buat berkarya. Dulu belum di-support karena orangtua belum tahu soal Youtube. Gak ada pemikiran dulu itu youtube bisa menghasilkan. Di momen itu aku meninggalkan kuliah sampai orang tua marah-marah," pungkasnya.

Menjadi Youtuber bukan keputusan yang mudah. Selain orang tua, banyak juga kenalannya yang mencibir karier Bayu tersebut.

Selain menjadi pemeran utama, Bayu Skak juga merangkap sebagai Co-sutradara. (Instagram @Moekito)

“Tetangga ada yang nyinyir. Mereka menggunjing, 'Bayu itu bukannya kuliah malah main YouTube terus. Mau jadi apa, coba?' Sekarang saya bisa buktikan bahwa dengan menjadi YouTuber kesempatan untuk berkreasi sangat besar termasuk membuat film sendiri,” kenang Bayu.

Memulai dari Peralatan Seadanya

Nggak cuma itu, Millens. Bayu juga bercerita bahwa dirinya memulai produksi video dari peralatan seadanya yang dia miliki.

Saat itu, Bayu hanya memiliki kamera telepon genggam yang beresolusi hanya 3 mega piksel. Bermula dari kamera itulah, perjalanan panjang karier bayu dimulai.

Hingga akhirnya pada tahun 2012 dia mendapat sebuah telepon dari MCN (Multi-channel Network) yang mengayomi banyak YouTuber.

Pihak MCN memberi tahu Bayu bahwa ia bisa mendapat penghasilan melalui YouTube. Mereka juga memberi tahu cara dan apa saja prosedurnya. 

“Banyak orang bertanya apa itu MCN? Penjelasannya begini, Justin Bieber itu MCN-nya bernama VEVO. Makanya, ada kata Vevo di belakang akun Justin. MCN saya sekarang famous.id. Saya dibuatkan rekening daring dan tiba-tiba punya uang 700 dolar AS. Saya syok sekali! Uang itu kemudian ditransfer ke rekening koran, saya pakai buat membeli kamera baru,” urai dia.

Momen inilah yang kemudian jadi alasan Bayu untuk memantapkan semangat menjadi YouTuber. Menarik banget ya. Ayo siapa youtuber sukses berikutnya? Kamu? (IB06/E05)