Hewan Piaraan, Sahabat Terbaik yang Selalu Setia dan Nggak Pernah Mengkritik

Hewan Piaraan, Sahabat Terbaik yang Selalu Setia dan Nggak Pernah Mengkritik
Kucing, salah satu hewan piaraan yang sering disukai masyarakat. (Inibaru.id/Clara Ariski)

Kendati bukan teman curhat yang menyelesaikan masalah kita, hewan piaraan kerap dicurhati. Selain nggak pernah mengkritik, mereka juga hampir selalu berhasil menghalau galau dengan tingkah mereka.

Inibaru.id – “Hewan adalah teman yang menyenangkan, mereka tidak mengajukan pertanyaan, mereka tidak memberikan kritik,” begitulah ungkap George Eliot, Seorang penulis tenar asal Inggris. Yap, mungkin karena inilah banyak orang menjadikan mereka sahabat, bahkan "teman hidup".

Kamu sependapat dengan itu, Millens? Bagi kamu yang tinggal seorang diri, hewan peliharaan mungkin bakal cukup menjadi teman untukmu. Selain berguna membunuh sepi, sebagian orang menganggap mereka sebagai sahabat yang sangat menyenangkan.

Kepenatan dengan kesibukan sehari-hari seolah hilang begitu bertemu teman bicara yang nggak terlalu menuntut banyak hal. Ijhar Naufal, misalnya, telah menjadikan hewan peliharaan sebagai "kawan hidup" yang paling dia percaya. Mahasiswa asal Bontang, Kalimantan Timur, itu mengaku sudah melakukan itu sejak duduk di bangku SD.

Sedari kecil, dia telah memelihara pelbagai binatang, mulai dari kelinci, monyet, tikus, guinea pig, hamster, hingga kucing. Menurutnya, hewan peliharaan adalah life companion. Memelihara mereka berarti kudu siap dengan segala konsekuensinya. 

“Ya hewan peliharaan bukan lagi sekadar hewan, tapi life companion yang menjadi prioritas. Dia harus makan walaupun saya nggak makan. Saya harus meluangkan waktu sebisa mungkin untuk ngajak main. Harus diperhatikan kesehatan dan kebutuhannya,” paparnya pada Inibaru.id belum lama ini.

Nah, bagi kamu yang butuh teman, cobalah berkawan dengan hewan piaraan. Menurut Ije, panggilan akrab Ijhar, dibanding mengobrol dengan teman, dirinya lebih memilih mengobrol dengan kucingnya, Smoke.

Yes, I mean literally ngobrol,” tegasnya.

Menurutnya, tingkah Smoke yang suka bermain dan ndusel-ndusel membuat perasaan Ije lebih rileks dan senang.

Obat Stres

Senada dengan Ije, Rifanatul Mahmuda juga mengaku memperoleh faedah yang besar banget dengan memelihara kucing. Bagi mahasiswa asal Cilacap, Jawa Tengah, itu, selain menjadi teman mengobrol dan bermain, kucing bisa membuatnya lebih rileks saat sedang sendirian di kamar kos.

“Kalau lagi stres bener-bener bisa jadi obat,” ujar perempuan yang kerap dipanggil Riri tersebut.

Well, berkawan dengan peliharaan sepertinya bakal membuat hidup makin bahagia, ya? Nah, kalau kamu berminat memelihara binatang, pertimbangkan dengan matang, karena komitmen dan tanggung jawab kamu bakal diuji dengan memelihara mereka. (Clara Ariski/E03)