Aqsa Sutan Aswar, Sudah Biasa Jadi Juara

Aqsa Sutan Aswar, Sudah Biasa Jadi Juara
Aqsa Sutan Aswar di kejuaraan Asian Games 2018. (Antara Foto)

Siapa sangka, peraih medali emas di cabang olahraga jetski pada ajang Asian Games 2018 ini sudah berprestasi sejak kecil. Yuk, berkenalan dengan Aqsa Sutan Aswar!

Inibaru.id – Kemenangan medali emas pertama bagi Indonesia di cabang olahraga jetski pada ajang Asian Games 2018 turut mengharumkan nama atlet ini. Yap, dialah Aqsa Sutan Aswar yang belakangan jadi sorotan publik karena telah berprestasi sejak usianya masih belia.

Aqsa Sutan Aswar yang merupakan anak kedua memiliki seorang kakak bernama Aero Sutan Aswar. Dua bersaudara ini sama-sama atlet jetski nasional dan ayah mereka Saiful Sutan Aswar merupakan Ketua Umum Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA).

Kemenangan Aqsa Sutan Aswar di Asian Games 2018. (BeritaSatu.com)

Selain menjabat sebagai ketua umum dari IJBA, Saiful Sutan Aswar juga merupakan pelatih sekaligus manajer dari kedua putranya, Aqsa dan Aero.

Aqsa Sutan Aswar berhasil menyabet dua medali di Asian Games 2018, medali emas di nomor Endurance Runabout Open, dan medali perunggu di nomor Limited Runabout. Sementara sang kakak, Aero Sutan Aswar, berhasil meraih medali perak di nomor yang sama saat Aqsa meraih medali perunggu.

Dikatakan Liputan6.com (28/08/2018), mahasiswa yang kini berkuliah di Amerika Serikat itu merupakan langganan kejuaraan jetski di Negeri Paman Sam bersama sang kakak, Aero Sutan Aswar.

Aqsa Sutan Aswar memulai kariernya sebagai atlet tahun 2011. Saat itu, usia Aqsa masih 14 tahun. Saat memulai kariernya pertama kali, cucu dari Sutan Aswar, salah satu perintis pertama Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) ini langsung meraih posisi pertama di Canadian Watercross Nationals, Kanada.

Kecintaan bermain jetsk mengantarkan Aqsa pada prestasi. (Instagram/AsqaAswar)

Dia meraih juara pertama di masing-masing kategori Pro Runabout Limited dan Expert Runabout Limited dalam kejuaraan jetski yang diselenggarakan di Belle River, Ontario, Kanada pada tanggal 17 Juli 2011 tersebut. Wah!

Aqsa mengaku sudah mengenal jetski sejak usia empat tahun. Saat itu, dia dan sang kakak mengikuti jejak sang ayah yang memiliki hobi olahraga jetski. "Semua karena papa. Dia sudah memiliki hobi jetski sejak masih kecil, itu yang membuat akhirnya saya juga menyukai jetski," ungkap pemuda berusia 21 tahun itu.

Setelah mencoba untuk ikut balapan jetski, Aqsa ternyata bisa mengikuti dan menikmati permainannya. Akhirnya, dia memutuskan untuk serius untuk menggeluti olahraga mewah tersebut. (IB06/E05)