Alfi Irfan Sukses Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Lewat AgriSocio

Alfi Irfan Sukses Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Lewat AgriSocio
Alfi Irfan, Founder AgriSocio (ipbmag.ipb.ac.id)

Lewat AgriSocio, Alfi Irfan memberdayakan masyarakat desa untuk mengolah hasil pertanian mereka supaya bernilai jual lebih tinggi. Yuk, lihat cerita lengkapnya!

Inibaru.id – Melansir Youngster.id (23/11/2017), AgriSocio berdiri sejak 2013. Mereka memproduksi produk dan jasa pertanian komersil sekaligus memberdayakan penduduk desa melalui pertanian berkelanjutan. Hingga saat ini AgriSocio memiliki 21 desa binaan yang mengelilingi kampus Institut Pertanian Bogor. Wah!

Produk IndoRempah AgriSocio (Tokopedia.com)

Selain itu, startup di bawah naungan PT Global Inovasi Hijau ini juga memiliki kawasan learning center di desa Cibanteng dan Desa Benteng Ciampea Bogor, mempunyai local branding IndoRempah (untuk minuman rempah) dan King Chips (untuk produk opak singkong), serta Social Business Incubator di IPB.

Penghargaan dan Tantangan

Alfi pun mendapat berbagai macam prestasi baik tingkat nasional maupun internasional berkat kerja kerasnya. Prestasi yang dia capai antara lain Pepole Choice Award, Asian Venture Philanthrophy Network, Singapura 2015, Indonesia OIC Youth Delegates, Istanbul, Trukey 2016, Pemuda Pelopor Nasional 2016, dan masih banyak lagi.

Dalam mengembangkan AgriSocio tentu bukan barang mudah. Beberapa kendala kerap dihadapi oleh pria kelahiran 17 Mei 1992 ini adalah tingkat pendidikan yang rendah pada para pelaku pertanian. Mengenalkan teknologi digital pada orang awam bukan hal yang mudah. Apalagi sebagian besar masyarakat yang diedukasi adalah ibu-ibu rumah tangga. 

Produk King Chips AgriSocio (Tokopedia.com)

Untuk meningkatkan taraf hidup para petani singkong, bahan baku opak, Alfi membeli dengan harga lebih tinggi dari harga tengkulak, Millens. Di tangan Alfi, produk opak ini bisa dikemas modern. Nggak kalah kan dengan camilan yang berserakan di swalayan. Kini King Chips sudah dipasarkan di 64 titik oulet independen se-Jabodetabek.

Dia berkomitmen untuk selalu melibatkan masyarakat. Dia juga mengajak para relawan untuk berpartisipasi mengembangkan produk lokal. Hmm. Harus didukung, ya, Millens. (IB13/E05)