A Blessing to Share, Ajak Pengantin Bagi Kebahagiaan Kepada Sesama

A Blessing to Share, Ajak Pengantin Bagi Kebahagiaan Kepada Sesama
Donasi makanan surplus pesta pernikahan. (dok. A Blessing To Share)

Ingin menjadikan momen pernikahan menjadi hari bahagia bagi orang lain yang membutuhkan? Ikuti saja program A Blessing to Share.

Inibaru.id – Berdasarkan  survei Exonomist Intelligence Unit 2017, 260 juta penduduk Indonesia setiap tahun membuang 300 kilogram makanan layak konsumsi. IDi sisi lain berdasarkan Global Hunger Index (GHI) 2017, tingkat kelaparan di Indonesia masih berada di level serius. Ironis, ya?

Nah, dari data tersebut, Herman Andryanto, Co-Founder Food Cycle bekerjasama dengan Bridestory dan Go-Jek untuk menanggulangi sampah makanan di ibukota. Dia membuat program "A Blessing to Share" sejak November 2017 lalu. 

Pramusaji sedang mengemasi makanan yang masih sisa setelah pesta usai. (Gettyimages.com)

Program sosial ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kelaparan. Caranya sederhana. Calon pengantin diajak mendonasikan makanan jika memang ada yang surplus. 

Acara yang disasar memang hajatan besar seperti pernikahan karena budaya orang Indonesia yang suka melebihkan makanan. Daripada makanan dibuang atau dikembalikan pada jasa katering, lebih baik disumbangkan. Betul nggak, Millens? 

Distribusi makanan oleh relawan. (dok. A Blessing To Share)

Prosedur 

Selain gratis, prosedur mengikuti program ini gampang kok. Calon pengantin tinggal mengisi formulir di ablessingtoshare.bridestory.com. Mereka juga harus menunjuk seseorang untuk menjadi penghubung antara Food Cycle dan pihak pengantin. Jika ternyata makanan nggak ada yang sisa, ya nggak apa-apa. 

Setelah itu tim Go-Send dan Go-Box akan bergegas mengambil makanan. Tentunya makanan yang diambil merupakan makanan laik makan ya. Satu lagi, harus berbahan halal. Nantinya akan didistribusikan di beberapa shelter dan masyarakat kurang mampu di Jakarta.

Pesta pernikahan yang bisa ikut bekerjasama adalah pesta yang diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, Millens. Ke depannya program A Blessing to Share juga berencana menampung makanan surplus dari konferensi atau pertemuan bisnis di perusahaan swasta.

Wah, inspiratif banget ya. Semoga jangkauan program ini bisa lebih luas lagi. (IB05/E05)