7 Jurus Anti-Keluyuran Ini Bikin Anak Betah di Rumah

7 Jurus Anti-Keluyuran Ini Bikin Anak Betah di Rumah
Kegiatan berkebun bisa menjadi pilihan agar nggak bosan belajar di rumah. (Inibaru.id/ Rafida Azzundhani)

Dua minggu sudah para siswa belajar di rumah ditemani orang tua. Selama waktu itu pula orang tua harus memastikan anaknya nggak kelayaban arena adanya imbauan physical distancing. Biar anak nggak bosen di rumah terus, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan.

Inibaru.id - Membuat anak secara sukarela terus di rumah merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Rasa bosan mungkin akan segera mereka alami karena nggak boleh ke mana-mana selama periode work from home dan physical distancing ini. Biar mereka nggak jenuh, orang tua dituntut berpikir kreatif untuk mencari aktivitas yang menyenangkan bagi anak.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak agar anak nggak bosan selama belajar di rumah.

1. Pastikan Tugas Sekolah Selesai Lebih Dulu

Ditutupnya sekolah untuk sementara bukan berarti seluruh aktivitas kegiatan belajar mengajar diliburkan. Tugas utama anak ketika di rumah adalah belajar. Orang tua bisa mendampingi anak saat belajar. Membantu anak memahami materi dan tugas. Kalau bisa malah menciptakan suasana kreatif dalam pembelajaran agar anak nggak jenuh.

2. Membuat Camilan Bersama

Kesempatan mempunyai banyak waktu di rumah bisa dimanfaatkan untuk memasak bersama. Orang tua bisa mengajak anak turun langsung ke dapur untuk membuat camilan favoritnya. Ajak anak ikut berkreasi membuat donat, kue, pudding, dan masakan kesukaan anak lainnya.

3. Menambah Keakraban melalui Cerita Dongeng

Membaca buku adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan selama belajar di rumah. Berikan anak buku-buku dongeng favorit mereka. Jangan salah, membaca dongeng mempunyai banyak manfaat bagi anak. Beberapa manfaat antara lain menambah kosakata anak, mengembangkan kemampuan anak dalam berbahasa, daya imajinasi anak juga mampu berkembang melalui dongeng.

Seperti yang dilakukan Umi Cholifah, ketika saya temui Jumat (3/4), dia bercerita jika menggunakan buku dongeng sebagai selingan agar anak nggak bosan di rumah.

“Perlu inovasi agar anak tidak bosan di rumah. Kalau aku biasanya menyelingi dengan cerita-cerita,” ujar Umi.

Koleksi buku dongeng yang disediakan Umi Cholifah agar anak nggak bosan di rumah. (Inibaru.id/ Rafida Azzundhani)
Koleksi buku dongeng yang disediakan Umi Cholifah agar anak nggak bosan di rumah. (Inibaru.id/ Rafida Azzundhani)

4. Berkebun Nggak Kalah Mengasyikkan lo

Mengenalkan lingkungan dengan mengajaknya berkebun seru juga ya? Orang tua dan anak bisa menanam tumbuhan, memetik buah di halaman, atau menyiram tanaman. Berkebun juga dapat menghilangkan rasa penat anak dengan situasi di dalam rumah.

5. Beri Tantangan Membantu Bereskan Pekerjaan Rumah

Aktivitas ini sering dilakukan ibu dari dua orang anak bernama Herni. Dia menceritakan jika sering memberikan tantangan kepada anak agar nggak bosan di rumah. Dia memberikan reward berupa hadiah ketika anak mampu melakukan tantangan dengan baik.

“Paling nantangin, kalau bisa challenge apa, nanti dapat hadiah. Biasanya sih lebih ke bantuin pekerjaan rumah,” ujar Herni.

Hal yang sama diungkap oleh Linda. Ketika si anak mampu mengerjakan tugas sekolahnya dengan baik, dia mengizinkan si anak untuk bermain gim di gawai.

“Kasih game handphone kalau bisa nyelesaikan tugas dari sekolahan,” ungkap Linda melalui WhatsApp pada Selasa (31/3).  

6. Mendampingi Anak Menonton Film

Masih punya banyak waktu luang setelah belajar? Orang tua bisa menyediakan film favorit anak. Ajak anak memahami isi film dan pesan apa yang ada dalam film tersebut.

7. Melakukan Kegiatan Penuh Kreativitas

Banyak kegiatan yang membutuhkan kreativitas tetapi sangat menyenangkan ketika dilakukan misalnya, membuat kerajinan tangan, menggambar, melukis, dan mewarnai.

Menurutmu kegiatan apa lagi yang bisa dilakukan anak selama di rumah, Millens? (Rafida Azzundhani/E05)