5 Alasan Kamu Nggak Perlu Mudik Ditengah Pandemi

5 Alasan Kamu Nggak Perlu Mudik Ditengah Pandemi
Ilustrasi mudik. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Biasanya, libur Lebaran menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga di rumah. Namun di tengah pandemi seperti ini, pemerintah sudah melarang warga Indonesia untuk mudik. Kalau kamu masih bertekad ingin pulang kampung, simak ulasan berikut ini dulu deh!

Inibaru.id - Setiap tahun, mudik atau pulang ke kampung halaman menjadi agenda yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Sayangnya, tahun ini bukan momen yang tepat untukmu melakukannya. Pandemi covid-19 yang sampai saat ini masih belum bisa dikendalikan menjadi alasan utama untukmu agar nggak mudik. Berikut adalah alasan kenapa kamu nggak perlu melakukannya tahun ini. Simak, yuk.

Menghindari Risiko Penularan Covid-19 Pada Keluarga

Ilustrasi penyebaran Covid-19 (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi penyebaran Covid-19 (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Alasan pertama mengapa kamu nggak perlu mudik ditengah pandemi adalah demi keselamatan keluargamu di rumah. Bagi kamu yang merantau, cek deh apakah status wilayah tempat kamu tinggal sudah masuk zona merah corona atau enggak. Kalau iya, sebaiknya jangan mudik dulu ya, Millens.

Walaupun kamu merasa sehat atau nggak tertular Covid-19, tetap saja hal tersebut nggak menjamin keluarga di kampung halaman aman. Bisa jadi kamu hanyalah carrier virus tapi nggak sakit dan justru menularkan virus ini ke orang yang lebih rentan. Daripada ada anggota keluarga lain jatuh sakit, sebaiknya jangan mudik deh.

Mudik Membuatmu Sulit Menjalankan Physical Distancing

Sulit melakukan Physical Distancing di sarana transportasi umum (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Sulit melakukan Physical Distancing di sarana transportasi umum (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Virus corona dapat menyebar melalui droplet atau tetesan pernapasan saat seseorang yang sudah terinfeksi batuk atau bersin. Oleh karena itu, menjaga jarak antar manusia atau physical distancing sangat dianjurkan untuk mengurangi penularan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk menjaga jarak lebih dari 1-2 meter dengan orang lain. Saat mudik, nggak akan mudah untuk menerapkan physical distancing tersebut jika kamu menggunakan fasilitas transportasi umum karena banyaknya orang yang masih memaksakan mudik.

Harus Melakukan Isolasi Mandiri di Kampung Halaman

Ilustrasi isolasi mandiri. (iStockphoto)
Ilustrasi isolasi mandiri. (iStockphoto)

Beberapa provinsi seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta sudah menetapkan peraturan bahwa setiap pemudik yang berasal dari kota terdampak Covid-19, akan dijadikan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sehingga wajib melakukan isolasi mandiri.

Kalau kamu berasal dari kota terdampak Covid-19, lalu pergi ke kampung halaman, kamu wajib menerapkan isolasi mandiri selama 14 hari, Millens. Selama 14 hari, kamu harus menempati kamar yang terpisah dengan keluargamu, kamu juga nggak boleh berbagi peralatan makan, mandi, dan tempat tidur.

Jadi walaupun kamu mudik, kamu tetap nggak bisa kumpul dengan keluargamu karena harus melakukan isolasi mandiri. Mudik pun nggak akan berkesan, bukan? Apalagi kalau kamu juga harus merantau lagi setelahnya.

Fasilitas Kesehatan di Kampung Halamanmu Mungkin Terbatas

Fasilitas medis lengkap seperti ini belum tentu bisa ditemui di kampung halaman. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Fasilitas medis lengkap seperti ini belum tentu bisa ditemui di kampung halaman. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Alasan selanjutnya mengapa kamu nggak perlu mudik adalah minimnya fasilitas kesehatan yang ada di daerah, terutama jika kampung halamanmu berada di pedesaan atau perkampungan. Padahal, kasus Covid-19 terus meningkat di Indonesia dan banyak petugas medis yang mengeluhkan kurangnya fasilitas kesehatan bahkan didaerah perkotaan sekalipun.

Maka dari itu, sebaiknya tunda dulu keinginanmu untuk pergi ke kampung halaman. Minimnya fasilitas kesehatan di kampung halamanmu bisa membahayakan keselamatan dirimu dan keluarga, Millens.

Ambil Bagian Dalam Aksi Bersama Memutus Rantai Covid-19

Memutus mata rantai penularan virus Corona dengan di rumah aja. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Memutus mata rantai penularan virus Corona dengan di rumah aja. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Imbauan dari pemerintah untuk nggak mudik berlaku bagi semua warga Indonesia agar nggak ada lagi korban baru yang terinfeksi maupun meninggal karena Covid-19. Kalau semua orang mematuhi peraturan pemerintah, secara nggak langsung kita berperan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 lo, Millens.

Maka dari itu, tahan dulu keinginan buat mudik dan bertemu keluarga ya. Kamu tetap bisa bersilaturahmi dengan melakukan video-call dengan keluargamu di rumah. Walaupun nggak sepenuhnya mengobati rindu, seenggaknya kamu bisa melihat senyum mereka dari layar.

Tetap jaga kesehatan dan selalu patuhi saran pemerintah ya, Millens. Selamat Lebaran! (Fem/IB24/E07)