Yuk, Ketahui Tanda-Tanda Quarter Life Crisis!
Infografik tanda-tanda "quarter life crisis". (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Yuk, Ketahui Tanda-Tanda Quarter Life Crisis!

Mungkin saja saat ini kamu sedang mengalami "quarter life crisis" tapi nggak menyadarinya. Yuk, cek tanda-tandanya berikut ini.

Inibaru.idPernah nggak sih perasaanmu nggak menentu? Nggak memahami diri sendiri? Galau memikirkan masa depan? atau merasa yang kamu lakukan nggak lebih baik ketimbang orang lain? Mungkin, kamu sedang mengalami krisis seperempat abad atau Quarter Life Crisis (QLC).

Quarter life crisis adalah krisis yang dialami seseorang berusia 20-30 tahun. Krisis ini terjadi karena seseorang menghadapi perubahan baik secara emosi, fisik, dan spiritual. Nggak jarang, individu yang menghadapinya merasa tertekan dan kacau.

Nah, berikut ada beberapa tanda-tanda bila kamu mengalami quarter life crisis.

Infografik tanda-tanda quarter life crisis. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Salah satu tandanya adalah cemas untuk memilih. Kebebasan menentukan pilihan terkadang memicu seseorang mengalami kecemasan. Pilihan yang begitu banyak juga bisa membuat seseorang berpikir apakah langkah yang diambil sudah tepat atau belum. Nggak jarang, kecemasan ini justru membuatmu "jalan di tempat" dan takut menentukan pilihan untuk masa depan.

Selain cemas, orang-orang yang mengalami quarter life crisis juga seperti kembali ke titik nol. Mereka merenung dan mempertanyakan tujuan hidup.

Sejumlah tanda-tanda lain yakni mulai membuat lingkaran pertemanan dan mencoba membuat komitmen. Yap, tanda-tanda itulah yang mengindikasikan dirimu mengalami quarter life crisis.

Kalaupun kamu mengalaminya, jangan khawatir, Millens. Krisis ini wajar dialami seseorang kok. Satu hal terpenting, jangan berlarut-larut dalam krisis itu, ya. Cepat bangkit dan terus lanjutkan hidup. (IB15/E04)