Millenials Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Siapa kira kalau kardiovaskuler atau penyakit jantung hanya menyerang orang tua, anak muda pun juga rentan terkena penyakit ini . Yuk, simak ulasan tentang penyakit jantung berikut.

Millenials Berisiko Terkena Penyakit Jantung
Infografik jantung. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Inibaru.id – Kalau selama ini kamu berpikir penyakit jantung hanya menyerang orang tua, kamu salah! Generasi millenials seperti kamu pun berisiko terkena penyakit satu ini. Penyakit jantung atau kardiovaskuler ini bahkan menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 2013 silam, sebanyak 39 persen penderita jantung di Indonesia berusia 44 tahun ke bawah. Sebanyak 22 persen di antaranya berumur 15-35 tahun. Duh!

Infografik penyakit jantung. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Oh iya, penyakit jantung itu bermacam-macam ya, Millens. Ada jantung koroner, stroke, jantung lemah, gagal jantung dll. Namun, yang paling umum diderita orang Indonesia adalah jantung koroner dan stroke. Hampir 27 persen kasus jantung koroner di Indonesia terjadi pada kelompok usia 35 tahun ke bawah, dengan 12 persen di antaranya dialami orang berusia 25 tahun ke bawah.

Ada banyak faktor yang mendorong seseorang terkena penyakit jantung. Faktor-faktor tersebut di antaranya diet yang nggak sehat, tingkat stres yang tinggi, minimnya aktivitas fisik, serta konsumsi tembakau dan alkohol yang berlebihan.

Bagi yang merasa melakukan hal-hal itu, mending berhenti mulai sekarang deh. Kamu bisa mencoba pola hidup sehat seperti yang disarankan World Health Organization (WHO) berikut.

Pertama, terlibat aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari. Nggak perlu olahraga ketat, rajin jalan kaki ke warung atau ke kampus juga termasuk aktivitas fisik, kok.

Selain itu, kamu juga perlu mengatur asupan makanan. Jangan terlalu banyak makan makanan asin. Asupan garam harian disarankan kurang dari satu sendok teh untuk membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Sebagai gantinya, kamu bisa makan buah dan sayuran paling tidak lima porsi dalam sehari. Dompet juga lebih sehat jika beli buah dan sayur daripada daging, kan?

Gimana, cukup mudah kan? Yuk, perbaiki gaya hidup dan terus bergerak agar jantungmu berdetak sehat! (MG13/E04)