Merawat Tubuh Ala Keluarga Kerajaan

Dari dulu, para ratu dan keluarga setiap kerajaan mempunyai cara tersendiri untuk merawat diri. Apa saja ya?

Merawat Tubuh Ala Keluarga Kerajaan
Merawat tubuh ala keluarga kerajaan. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Inibaru.id –  Tren merawat tubuh sudah ada sejak zaman kerajaan dulu, lo. Setiap ratu atau putri suatu kerajaan biasanya memiliki resep khusus untuk merawat diri. Berbeda dengan perawatan instan yang sekarang marak di kalangan anak muda, para ratu dan putri merawat diri menggunakan bahan-bahan alami.

Ratu Elizabeth 1 misalnya. Saat itu, sang ratu menggunakan kosmetik dengan campuran timah putih dan cuka apel. Eits, jangan khawatir. Saat ini pun masih ada kok yang menjual resep kecantikan Ratu Elizabeth 1 yakni cuka apel.  Bahan alami tersebut dipercaya dapat menghilangkan jerawat, mengurangi noda hitam di wajah, dan membantu menjaga pH kulit.

Infografik merawat diri. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Selain cuka apel, ada juga yang menggunakan campuran susu keledai, madu, dan minyak almond. Campuran tersebut biasanya dipakai Ratu Cleopatra untuk berendam.

Nggak cuma wajah, mereka juga merawat gigi dan rambut mereka. Seperti yang dilakukan keluarga Keraton Yogyakarta. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, anggota keluarga Keraton Yogyakarta mengunyah sirih ataupun jahe. Dalam bahasa Jawa, cara ini biasa disebut dengan nginang. Mungkin kamu akan menilai itu jorok, tapi itu terbukti dapat membuat gigi menjadi bersih dan nafas menjadi segar.

Keluarga Keraton Surakarta juga punya cara tersendiri untuk merawat rambut. Agar rambut menjadi indah, keluarga Keraton Surakarta menggunakan ratus rambut yang dibuat dari akar wangi, cendana, masoyi, dan kayu manis. Selain itu, mereka juga menggunakan minyak cem-ceman supaya rambut nggak mudah rontok.

Eits, nggak cuma bahan-bahan alami, cara satu ini sangat mudah diimplementasikan dan nggak mengeluarkan uang sepeser pun yakni tidur yang cukup. Cara tersebut adalah cara yang dipakai Putri Diana. Tidur yang cukup diyakini dapat memperlancar proses regenerasi kulit di tubuh sehingga tubuh terlihat fresh dan nggak pucat.

Wah, patut dicoba nih, Millens. (IB18/E04)