E-commerce yang Semakin Bertumbuh

E-commerce di Indonesia kian bertambah. Daya beli masyarakat pada e-commerce juga bertumbuh. Pertumbuhan itu meningkat signifikan pada saat Harbolnas.

E-commerce yang Semakin Bertumbuh
Infografik Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia. (Tim inibaru.id)
348
View
Komentar

Inibaru.id - Pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada triwulan ke-2 2017 mencapai 5,01 persen. Pertumbuhan tertinggi pada sisi produksi diduduki lapangan usaha berbasis informasi dan komunikasi. E-commerce adalah salah satu bentuk lapangan usaha di bidang tersebut. Tak pelak bila e-commerce menjamur di Indonesia.

Perkembangan industri e-commerce nggak lepas dari adanya Harbolnas yang digagas Asosiasi E-commerce Indonesia (IdeA) pada 2012 lalu. Acara yang diperingati setiap tanggal cantik 12/12 itu selalu berhasil menambah omzet pelaku industri e-commerce dalam hitungan jam.

Baca juga:
Pelanggaran HAM di Sekitar Kita
Kekerasan terhadap Perempuan (Masih) Jadi Catatan Besar Akhir Tahun

Berkat sista-sista dan agan-agan yang lincah berselancar saat Harbolnas, omzet e-commerce pada Harbolnas 2017 mencapai 4 triliun rupiah seperti dilansir dari Koran Tempo, Rabu (13/12). Wah, lumayan nih, Sobat Millens!

Nah, yang mengejutkan, pemburu diskon Harbolnas rupanya didominasi laki-laki, yakni sebesar 61 persen. Ini menarik ya, karena selama ini yang kita tahu kan perempuanlah yang identik demen belanja. Manuver agan-agan lebih kencang nih!

Pemerintah Indonesia akan terus melakukan upaya peningkatan nilai transaksi e-commerce. Sebanyak 144 triliun rupiah dicanangkan dapat dikantongi para pelaku e-commerce pada 2018 mendatang.

Baca juga:
Saat Gunung Agung Punya "Gawe"
Urbanisasi Akar Masalah Picu Lonjakan Mudik

*Sumber data:

  1. Data Kuartal 4 tahun 2016, Nielsen Consumer Confidence Index
  2. comScore MMX Multi Platform June 2017, Indonesia
  3. kumparan.com (6/7/2017)
  4. katadata.co.id (11/11/2017)
  5. liputan6.com (14/8/2017)

Semoga targetnya tercapai ya! (IF/GIL)