Daya Tarik Perempuan dalam Musik Dangdut

Kemolekan tubuh perempuan selalu menjadi magnet yang sangat kuat, salah satunya pada dangdut. Tak ayal jika musik ini pun didominasi oleh biduan perempuan.

Daya Tarik Perempuan dalam Musik Dangdut
Infografik dangdut. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Inibaru.id – Sejak diperkenalkan Rhoma Irama pada era 70-an, dangdut menjadi begitu familiar di telinga masyarakat Indonesia. Tabuhan kendang yang berpadu dengan suara indah penyanyinya menjadi sajian lengkap yang dinanti penonton. Namun tak jarang pula banyak penonton yang menantikan goyangan penyanyinya terlebih bila penyanyinya perempuan.

Sejumlah masyarakat beranggapan dangdut identik dengan perempuan. Suara yang merdu dan halus serta cengkok yang dimiliki perempuan bisa memikat hati penonton. Namun, ada juga yang menanti goyangannya. Bahkan dalam salah satu lirik lagu “Goyang Inul” disebutkan; “ada yang bilang dangdut tak goyang bagai sayur kurang garam kurang enak kurang sedap”.

Salah satu goyang yang fenomenal yakni goyang ngebor yang diperkenalkan Inul Daratista pada 2003 silam. Goyangannya yang dianggap erotis itu menuai kecaman. Salah satunya dari Raja dangdut, Rhoma Irama. Rhoma bahkan sempat mencekal dan memperkarakan Inul.

Infografik daya tarik perempuan dalam musik dangdut. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Alih-alih berhenti, goyangan dalam dangdut justru semakin merebak. Bahkan sejumlah penyanyi diklaim memiliki goyangan khas. Sebut saja Anisa Bahar dengan goyang patah-patahnya. Disusul Dewi Persik dengan goyang gergaji. Ya, tak dipungkiri goyangan menjadi bagian yang nggak terpisahkan dari dangdut.

Namun, seiring berjalannya waktu, goyangan para penyanyi dangdut sudah tak lagi menjadi hal utama untuk menarik penonton. Beberapa penyanyi dangdut membuat terobosan dengan cara lain. Sebut saja Ayu Tingting. Dia memilihi lekat dengan gaya K-Pop pada dirinya. Tak hanya Ayu Tingting tentunya. Penyanyi lain juga mempunyai kekhasan tersendiri.

Sejarah panjang itu membuktikan bahwa dangdut lekat dengan perempuan. Ada daya tarik khusus yang dihadirkan pedangdut perempuan, kendati pedangdut laki-laki pun nggak kalah berkarisma. Pada akhirnya, penikmat dangdutlah yang bakal memilih kenikmatan berdangdut mana yang mereka maui. (TS/IP)