Cek Daftar Kata Ini Sebelum Beli Baju di Online Shop

Bila kamu perhatikan, terdapat beberapa istilah yang digunakan penjual barang di online shop. Nah, berikut ada daftar istilah tersebut. Yuk, disimak!

Cek Daftar Kata Ini Sebelum Beli Baju di Online Shop
Daftar kata ampuh belanja fesyen online. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Inibaru.id – Belanja online semakin marak dilakukan masyarakat. Ini karena banyak toko online yang menyediakan beragam keperluan, mulai dari alat dapur hingga pakaian. Nah, agar pembeli bisa mengira-ngira barang tersebut, penjual biasanya menambahkan keterangan di bawah gambar barang.

Hal itu juga berlaku di toko fesyen online, Millens. Para penjual biasanya menambahkan keterangan barang dengan menggunakan istilah-istilah tertentu. Supaya kamu nggak bingung dengan istilah-istilah itu, Inibaru.id merangkum beberapa istilah yang kerap digunakan dalam jual beli fesyen online.

Daftar istilah dalam belanja fesyen secara online. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Pertama, penjual biasanya mencantumkan ukuran baju. Mereka menggunakan istilah tertentu seperti fit to, LD, LP, LB, dan all size. Istilah Fit to digunakan untuk memberi keterangan baju sesuai dengan ukuran tubuh tertentu. Salah satu contoh, penjual biasanya menulis fit to L, artinya baju tersebut pas untuk ukuran L.

Sementara itu, istilah LD, LP, dan LB merupakan singkatan dari lingkar dada (LD), lingkar bahu (LB), dan lingkar pinggang (LP). Singkatan ini didigunakan penjual agar keterangan lebih singkat.

Selain istilah-istilah untuk menerangkan ukuran, ada juga istilah yang digunakan untuk menerangkan ketersediaan barang seperti ready stock, open order, dan hit and run. Ready stock berarti barang tersedia, open order berarti kamu harus memesan barang terlebih dahulu dan membayarnya baru setelah itu barang dibuatkan sesuai permintaan. Nah, untuk istilah hit and run ini biasanya digunakan untuk menerangkan barang yang nggak jadi dibeli pemesan alias pemesan kabur.

Bila ditelisik dari segi bahasa, penggunaan istilah dalam belanja online adalah hal yang lumrah. Ini karena keterangan tersebut secara tidak langsung adalah iklan yang bersifat persuasif. Bila membuat suatu iklan, bahasa yang digunakan hendaknya singkat, padat, dan jelas karena pembeli hanya membutuhkan informasi penting secara singkat tentang barang yang dijual. Secara psikologis, salah satu tipe pembeli juga ada yang nggak suka membaca caption terlalu panjang karena lelah. Wah, siapa nih yang termasuk dalam klub anti caption panjang? He-he (IB18/E04)