Manggis Kaligesing, Si Manis Kebanggaan Purworejo

Purworejo, Jawa Tengah punya buah yang jadi flora identitasnya. Ya, manggis Kaligesing yang punya potensi dikembangkan sebagai komoditas ekspor.

Manggis Kaligesing, Si Manis Kebanggaan Purworejo
Buah Manggis Kaligesing kebanggaan Purworejo, Jawa Tengah (tipspetani.blogspot.com)

Inibaru.id - Rasanya manis keasaman, itulah manggis. Millens tahu bahwa ada buah manggis menggiurkan di Purworejo, Jawa Tengah? Ya, namanya manggis Kaligesing. Si manis keasaman ini sudah diakui keunggulan dan  manfaat buahnya, lo.

Ya, seperti namanya, manggis Kaligesing yang bernama ilmiah Garcinia mangostana ini banyak dijumpai di Kecamatan Kaligesing, Purworejo, dan dijadikan flora identitas kabupaten tersebut.

Mengutip kataloggeografi.blogspot.co.id,  manggis Kaligesing sudah lama dikenal oleh penggemar buah eksotis Tanah Air. Bahkan, banyak yang menyebut buah tersebut sebagai salah satu manggis terbaik di Indonesia yang berstandar ekspor. Wah, kekayaan hayati Indonesia yang patut dibanggakan ya, Millens.

Karakteristik Botanis

Seperti ditulis purworejokab.go.id, tinggi pohon manggis mencapai 10-15 m. Lebar tajuk yang dimiliki pohon tersebut sekitar 3-4 m. Warna batang pohonnya nggak jauh berbeda dari pohon lainnya, yaitu didominsi warna kecokelatan. Kedudukan daunnya terlihat mendatar dan melengkung ke bawah. Seperti yang diketahui banyak orang, buah manggis berbentuk bulat dan berkulit keras. Namun, buahnya kenyal dan mudah dibuka. 

Oya, selain itu, buah manggis memiliki 4-8 siung. Buah manggis pada umumnya nggak terlalu besar atau kecil, karena bobot buah tersebut sekitar 100-125 gram per buah. Nah, kalau soal rasa, manggis terkenal dengan daging buahnya yang manis keasaman. Jadi, tetap terasa segar saat menikmati buah tersebut.

Baca juga:
Lestarikan Elang Brontok!
Tin, Buah yang Jadi Nama Surah di Dalam Alquran

Masa panen buah Manggis Kaligesing ini berlangsung dari Januari hingga Maret. Jadi, buat kamu yang pencinta buah segar ini sudah tahu kapan bersiap-siap menikmati pas pada musimnya, kan?

 Persebaran dan Habitat

Mengutip asikaja.com, terdapat sekitar 100 jenis tanaman manggis yang tumbuh di Indonesia dari sekitar 400 jenis yang dijumpai di dunia. Wilayah pertumbuhan pohon manggis di Indonesia memang sangat luas mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Bahkan, saat ini sekitar 25 kabupaten tercatat sebagai penghasil dan penyumbang buah manggis untuk ekspor serta pemenuhan kebutuhan dalam negeri.

Nah, selain persebaran tanaman manggis yang ada di Indonesia maupun luar negeri, kamu juga perlu tahu manfaat buah segar ini, Millens.

Yap! Nggak hanya bentuk buahnya yang cantik dan rasanya yang ciamik, manggis juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bagian manggis yang dimaksud terdapat pada kulit buahnya.

Kulit buah manggis mengandung zat antioksidan yang sangat kuat melebihi beberapa kali lipat kekuatan vitamun C dan E, sehingga buah manggis memberikan berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca juga:
Senarai Flora Identitas Daerah di Jawa Tengah: Duwet, Si Ungu Kebanggaan Purbalingga
Walet Putih, Burung Penyuka Kebersihan

Eits, masih banyak lagi khasiat yang bakal kamu dapatkan jika sering mengonsumsi buah ini lo. Yang pasti, kalau kamu pergi ke Purworejo, mampir saja ke kios-kios buah, dan bungkus! Tentu boleh juga menikmati langsung di situ, hehehe…. (HH/SA)