Buah Duku Kalikajar yang Istimewa

Nggak seperti buah duku pada umumnya, buah duku asli Kalikajar memiliki daging buah yang lebih tebal dan rasa yang lebih manis. Ternyata, keistimewaan mutu buah ini didukung oleh proses perawatannya, lo.

Buah Duku Kalikajar yang Istimewa
Panen buah duku oleh para petani di Desa Kalikajar. (Tribunnews.com)

Inibaru.id – Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, punya buah duku yang istimewa. Nggak seperti yang lain, buah duku yang berasal dari Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang ini lebih besar dan rasanya lebih manis.

Buah unggulan ini juga memiliki kulit kekuningan yang tipis dan biji yang kecil. Alhasil, daging buahnya pun lebih banyak dari biasanya. Aromanya pun harum.

Kualitas buah duku Kalikajar ini juga didukung oleh perawatan yang lebih rumit. Mengutip tribunnews.com (28/2/2018), buah duku Kalikajar dibrongsong dengan rimpen atau tirai berbahan bambu sebelum dipetik. Proses tersebut memerlukan waktu satu bulan.

Selain itu, tanah Desa Kalikajar berdekatan dengan sungai sebagai tumbuhan bisa tumbuh dengan baik. Uniknya, bibit duku Kalikajar nggak bisa ditanam di tempat lain, lo. Jika dipindahtanamkan ke daerah lain, hasilnya pasti nggak sebagus buah asli Desa Kalikajar.

Baca juga:
Buah Lahung, Kembaran Durian yang Semakin Langka
Mengenal Lebih Dekat Terung Belanda, Buah Khas Pegunungan

Berdasarkan catatan Pemerintah Desa Kalikajar, saat ini ada sekitar 3.000 pohon duku produktif yang berusia lebih dari 55 tahun. Sementara, 4.000 pohon lainnya berusia kurang dari 25 tahun. Setiap pohon rata-rata bisa menghasilkan buah sebanyak 3 kuintal. Tetapi, masa panen duku cukup singkat, yaitu bulan Februari hingga Maret.

“Pohon-pohon dewasa paling tidak menghasilkan 900 ton duku. Jika dipatok harga Rp 10.000/kg, total omzet warga Kalikajar sekitar Rp 9 miliar sekali panen,” kata Ayatno, Kepala Desa Kalikajar.

Duku-duku yang telah dipanen biasanya dibeli oleh tengkulak atau pengepul. Para tengkulak itu lalu mendistribusikannya ke beberapa kota di Jawa Tengah, seperti Semarang, Tegal, Kebumen, dan Purworejo. Kota-kota di luar provinsi seperti Jakarta, Surabaya, dan Makassar pun turut kebagian buah duku ini.

Kini, hampir tiap rumah di Desa Kalikajar mempunyai 2-5 pohon duku. Bahkan, ada seseorang yang memiliki 100 pohon berusia di atas 50 tahun. Wah, panennya bakal banyak banget, ya, Millens.

Baca juga:
Senarai Flora Identitas Daerah di Jawa Tengah: Pohon Salam, Maskot Bumi Sukowati
The Miracle Tree Bernama Daun Kelor

Mengutip banyumasnews.com (4/3/2018), Desa Kalikajar juga sudah memiliki sertifikat produk prima dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, lo. Ini menjadi legalitas bahwa buah duku yang dihasilkan aman dan layak konsumsi. Pemkab Purbalingga bahkan berencana mematenkan buah duku Kalikajar demi menjaga pemberdayaan dan regenerasi buah, sekaligus agar nggak diklaim daerah lain.

Buah duku Kalikajar kelihatannya enak banget, ya, Millens! Jadi penasaran ingin mencoba nih. (AYU/SA)