Catatan 2017: Tiga Youtuber Indonesia Paling Cetar

Pada zaman now, siapa pun bisa memperoleh popularitas berkat video-video yang diunggah di Youtube. Siapa Youtuber Indonesia paling berjaya sepanjang 2017?

Catatan 2017: Tiga Youtuber Indonesia Paling Cetar
Youtuber (vebma.com)

Inibaru.id - Kini aktivitas sebagai Youtuber menjanjikan keuntungan finansial. Bahkan Youtuber bisa juga disebut profesi. Terbukti sekarang banyak yang mendulang uang dari Youtube. Banyak orang kemudian berlomba-lomba membuat channel Youtube sendiri dengan konten yang beragam. Nggak hanya di luar negeri saja, perkembangan Youtuber di Indonesia juga nggak kalah oke. Sejumlah nama Youtuber Indonesia pun sudah dikenal mempunyai pasar dan penggemar masing-masing.

Berdasarkan jumah subscriber terbanyak, ada tiga Youtuber Indonesia yang paling hit selama 2017. Siapa sajakah mereka?

Baca juga:
Akankah Is dan Payung Teduh "Akad" Lagi?
The Overtunes Janji Lunaskan Kerinduan The Tunist

Pertama adalah Raditya Dika. Mengawali kariernya sebagai seorang penulis dan komedian, Raditya Dika kini juga terkenal sebagai Youtuber. Memiliki jumlah subscriber terbanyak di Indonesia yaitu 3.149.758. Radit memulai kariernya di Youtube dengan serial pendeknya yang berjudul Malam Minggu Miko. Serial tersebut mendapatkan respons yang sangat baik dari pemirsa Youtube, bahkan dibuatkan filmnya.

Raditya Dika (mediaindonesia.com)

Kini, pria kelahiran Jakarta, 28 Desember 1984 itu mempunyai konten yang beragam di channel Youtube-nya. Di channel-nya nggak hanya dengan serial pendek, namun juga vlog sehari-hari, wawancara unik dengan seleb dan segala sesuatu yang menurutnya menarik untuk divideokan.

Dikenal juga sebagai sutradara sekaligus aktor untuk film-film bertemakan cinta dengan balutan komedinya, jumlah views channel Youtube Radit mencapai 401.212.266. Radit pun diperkirakan memiliki pendapatan dari channel Youtube miliknya sekitar Rp 660 juta-Rp 10,5 miliar per tahun. Jumlah yang fantastis, bukan?

Menempati posisi kedua ada Reza Oktovian. Terkenal dengan sebutan Reza Arap, dia berhasil mengumpulkan subscriber 1.793.723. Membuat channel Youtube kali pertama pada November 2012, pria kelahiran Jakarta, 15 Oktober 1990 itu lebih dikenal sebagai gaming Youtuber. Yup, meskipun memiliki konten lain seperti musik dan vlog, konten Youtube miliknya memang lebih banyak membahas tentang reviu game. Hal ini dikarenakan dia hobi main game dan juga terinspirasi oleh Youtuber PewDiePie.

Reza Oktovian (hai.grid.id)

Berhasil menjadi Youtuber sukses dengan estimasi pendapatan pertahunnya Rp 490 juta-Rp 7,7 miliar, siapa sangka ternyata sebelumnya Reza pernah kerja jadi tukang warnet, jualan kosmetik, bahkan sempat ngojek. Nah, saat jadi tukang warnet itulah, Reza bertemu dengan  Edho Zell. Mereka kemudian menjadi akrab karena sering main dota bareng. Reza pun lalu diajak Edho membuat video untuk diunggah di channel milik Edho. Sejak saat itulah, Reza mulai tertarik untuk jadi Youtuber. Walaupun ada beberapa kata-kata kasar di videonya, namun nggak mengurangi jumlah peminat channel-nya. Buktinya, kini channel Youtube-nya memiliki total views 305.280.029.

Selanjutnya di posisi ketiga ada Edho Zell yang memiliki jumlah subscriber 1.733.755. Di channel Youtube miliknya, Edho senang membuat video-video parodi tentang cerita-cerita di kehidupan nyata, tips-tips kocak, ada juga vlog dan video random yang sering membuat penonton ngakak. Edho juga kerap mengajak serta sejumlah selebritas Tanah Air untuk berperan serta dalam video yang dibuatnya

Edho Zell (marketeers.com)

Sebelum terjun ke dunia Youtube, pria kelahiran Jakarta, 10 Juli 1986 itu  sempat mengalami jungkir balik dalam hidupnya. Awal mula dia terjun ke dunia Youtube, yaitu saat video lipsync “Keong Racun” Shinta dan Jojo di Youtube sedang tenar. Dari situlah Edho Zell mulai tertarik dan mengunggah video dengan bahan seadanya. Sekarang Edho Zell menjadi salah satu Youtuber sukses di Indonesia. Edho pun diestimasi memiliki pendapatan pertahun Rp 740 juta-Rp 11,8 miliar, lebih banyak dibandingkan Radit. Channel YouTube milik Edho bahkan memiliki jumlah views 405.673.502.

Baca juga:
Tara Adia, Lebih dari Sekadar Penyanyi
Livi Zheng Jadi Kepala Juri Southeast Asia Prix Jeunesse

Selain YouTube, Edho juga aktif mengunggah video di Instagram yang kini juga tengah populer dengan komunitas Indovidgram: wadah perkumpulan bagi pengguna dan pembuat video-video di Instagram. Kelucuan yang dia sajikan membuat publik menikmati setiap video yang ditampilkan. Nggak heran bahwa Edho telah memiliki banyak pengikut di Youtube maupun Instagram.

Nah, sobat Millens, itu tadi adalah para Youtuber Indonesia yang paling ngehit pada 2017 berdasarkan jumlah subscriber. Di antara ketiganya, siapa yang jadi Youtuber favorit kamu? (ALE/SA