Tips Merawat Kaset VCD/DVD yang Bisa Kamu Aplikasikan

Tips Merawat Kaset VCD/DVD yang Bisa Kamu Aplikasikan
Membersihkan kaset VCD/DVD bisa dengan cairan khusus atau bahan alternatif. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Kepingan kaset VCD/DVD saat ini memang menjadi bahan langka. Sebab semakin ke sini, para penjual kaset sudah jarang ditemui dan berganti distribusinya secara daring lewat beragam aplikasi. Meski begitu, kalau masih punya kaset di rumah nggak ada salahnya untuk dirawat ya, Millens.

Inibaru.id – Kaset Video Compact Disk (VCD)/Digital Video Disc (DVD) merupakan media penyimpanan data yang populer untuk lagu dan film. Bentuknya biasanya berupa kepingan lingkaran sempurna berwarna silver di bagian bawah, dengan pantulan warna pelangi yang menyilaukan mata.

FYI, lapisan warna-warni ini berperan dalam pembacaan VCD/DVD lo, Millens. Jika lapisan ini tergores, konten akan susah untuk dibaca. Jadi bagian ini harus benar-benar dijaga agar nggak lecet.

Kaset semakin langka, meski begitu masih digunakan untuk tempat penyimpanan lagu/film. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Safa, karyawati yang bekerja di toko Dist Semarang memberikan cara membersihkan kaset. Cara paling mudah dengan membeli cairan pembersih kaset yang dijual di toko-toko VCD/DVD. Di sana telah disediakan alat dan bahan pembersih kaset secara lengkap.

“Kalau kelamaan disetel kepingan akan gosong. Kalau sering makai juga akan mbleret (lecet). Kalau makainya sering juga akan lecet, tapi kalau dibersihkan dengan pembersih kaset, lecet bisa dikurangi. Penyimpanannya juga harus benar,” kata Safa saat ditemui di tempat kerjanya, di area sekitar Taman Sampangan.

Selain itu, kaset bisa dibersihkan dengan bahan-bahan alternatif lo, Millens. Ada beberapa bahan yang bisa kamu gunakan, dari pasta gigi, minyak kayu putih, hingga buah pisang.

Caranya, siapkan kain atau kapas atau tisu lembut. Basahi kain atau tisu dengan pasta gigi atau minyak kayu putih, oleskan ke permukaan VCD/DVD secara perlahan. Gosok berulang-ulang hingga goresan berkurang. Dimulai dari lingkaran tengah menuju keluar. Direkomendasikan dilap searah ya, jangan bolak-balik atau melingkar. Setelah itu, bilas dengan air dan tes.

Simpan kaset VCD/DVD di tempat khusus ya. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Buah pisang juga bisa digunakan untuk membersihkan VCD/DVD. Cukup kupas pisang dan gosokkan ke permukaan VCD/DVD secara memutar. Seka dengan lapisan atas kulit pisang. Setelah selesai, jangan lupa dibasuh dengan air dan dites ya.

Selain membersihkan, cara penyimpanan juga sangat berpengaruh pada tingkat keawetan kaset. Jangan menaruh kaset secara sembarangan ya. Terlebih ketika kamu meletakkannya secara terbuka dan bertumpuk-tumpuk. Simpan di tempat khusus kaset, urutkan sesuai selera sehingga mudah kamu cari.

Nah, sekarang sudah tahu cara membersihkannya? So, jangan tunggu sampai VCD/DVD kamu rusak. Mari bersihkan! (Isma Swastiningrum/E05)