Tak Hanya Foxtrot Six, 3 Film Ini Juga Gambarkan Pemberontakan di Tengah Distopia Negeri

Pemberontakan atas situasi tak ideal atau dikenal sebagai distopia yang disebabkan oleh pemerintah otoriter acap diangkat ke layar lebar. Entah diadaptasi dari kejadian nyata atau bukan, tiga film ini setidaknya menggambarkan kengerian-kengerian itu. Apa saja?

Tak Hanya <em>Foxtrot Six</em>, 3 Film Ini Juga Gambarkan Pemberontakan di Tengah Distopia Negeri
Adegan dalam The Hunger Games: Mockingjay. (Theverge)

Inibaru.id – Ada satu ungkapan Ernesto "Che" Guevara, tokoh utama dalam Revolusi Kuba, yang mungkin begitu familiar di telinga kita, yakni: “Saya bukan pembebas, karena memang itu tidak pernah ada. Rakyatlah yang membebaskan diri.”

Mungkin “semangat” inilah yang muncul dalam film besutan Randy Korompis Foxtrot Six (2019) yang saat ini tengah tayang di bioskop Tanah Air. Indonesia zaman mendatang yang digambarkan begitu gelap dan korup, disikapi dengan pemberontakan dari kaum tertindas. Mereka bermaksud membebaskan diri.

(Baca Juga: Foxtrot Six, Film yang Ngegas Terus dari Awal sampai Akhir)

Kisah semacam Foxtrot Six selalu menarik untuk diangkat ke layar lebar. Selain karena aksi laga yang mendebarkan, dunia ini memang punya sejarah panjang berkaitan dengan pemberontakan terhadap pemerintah korup yang menyebabkan distopia itu.

Nah, selain Foxtrot Six, inilah daftar lima film pemberontakan terbaik yang dirangkum Inibaru.id.

The Hunger Games: Mockingjay (2014)

Adegan dalam The Hunger Games: Mockingjay. (Letterboxd)

The Hunger Games: Mockingjay adalah seri terakhir dalam trilogi The Hunger Games. Berkisah tentang akhir perjuangan untuk menghancurkan Hunger Games, Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) dan para pemenang Hunger Games yang semula bersembunyi di balik reruntuhan Distrik 13, mencoba memberontak.

Tak hanya menghancurkan Hunger Games, perjuangan Katniss dkk kemudian berubah untuk menghancurkan Capitol. Dengan simbol Mockingjay, dia bergerak bersama masyarakat tertindas untuk menghentikan penindasan.

V for Vendetta (2005)

Salah satu adegan dalam V for Vendetta. (Thanksgiving)

Diangkat dari novel grafis bikinan Alan Moore dan David Lloyd dengan judul sama, V for Vendetta menjadi salah satu film bertema pemberontakan yang dilarang tayang di sejumlah negara.

Film yang disutradarai James McTeigue itu berkisah tentang perjuangan V untuk menghancurkan rezim pemerintahan lalim dan otoriter di Inggris pasca-Perang Dunia Ketiga. Kala itu, fasisme mendera politikus, kebebasan sipil juga diberangus.

Rise of the Planet of the Apes (2011)

Adegan dalam film Rise of the Planet of the Apes. (Saminaik)

Ini bukan pemberontakan manusia, tapi para simpanse. Film ini adalah prekuel dari Planet of the Apes  (2001) garapan Mark Wahlberg yang cukup mendekonstruksi pemikiran penonton kala itu. Kehadiran Rise of the Planet of the Apes pun setali tiga uang.

Film besutan Rupert Wyatt itu berkisah tentang Caesar (Andy Serkis), simpanse cerdas hasil percobaan yang dibesarkan Will (James Franco). Suatu ketika, Caesar dikurung dan mendapat perlakuan buruk bersama kera lain. Dia pun kemudian memimpin pemberontakan terhadap manusia. (IB20/E03)