Selain Joker, Tokoh-Tokoh Komik Ini Juga Alami Gangguan Mental

Selain Joker, Tokoh-Tokoh Komik Ini Juga Alami Gangguan Mental
Joker. (Warner Bros)

Musuh Batman, Joker rupanya mengidap gangguan mental yakni skizofrenia. Selain Joker, ada beberapa tokoh komik pahlawan yang juga mengalami gangguan mental. Siapa saja mereka?

Inibaru.id – Bagi kamu penggemar film superhero, pasti nggak akan asing dengan tokoh villain ciptaan DC Comics yang bernama Joker. Seperti yang diceritakan dalam film teranyar berjudul Joker, tokoh bernama Arthur Fleck itu mengidap gangguan mental yang cukup serius yakni skizofrenia.

Namun, nggak hanya Joker yang punya gangguan kesehatan mental, tokoh superhero dan villain dari komik juga menderita gangguan serupa. Berikut tokoh komik yang mengidap gangguan mental.

Iron Man Idap Gangguan Kecemasan

Ironman. (Playstation)

Menjadi superhero yang berhasil mengalahkan musuh utama, Iron Man rupanya memiliki gangguan kesehatan mental berupa gangguan kecemasan. Kecemasan ini menimbulkan rasa takut akan bahaya yang mungkin terjadi. Kalau penasaran, kamu bisa menemukannya di beberapa film Iron Man salah satunya Ironman 3 dan Avengers: Civil War.

Jessica Jones Menderita Post Traumatic Stress Disorder

Jessica Jones. (Netflix)

Kebanyakan pahlawan super memulai kisahnya dari masa lalu yang tragis sehingga mereka mengalami Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). Salah satu pahlawan yang menderita gangguan ini adalah Jessica Jones. Dia telah mengalami penculikan, cuci otak, dan pemerkosaan hingga mesti menenggelamkan rasa sakitnya dalam alkohol. Inilah yang menyebabkan Jessica mengalami gangguan mental yang membuatnya jadi mudah marah dan sulit mempercayai orang lain.

Wonder Woman Alami Mental Breakdown

Wonder woman. (Nme)

Terkadang seseorang memiliki rasa ketidakmampuan saat menghadapi sesuatu. Hal ini juga terjadi pada Wonder Woman yang memiliki titik batas atau puncak saat dirinya nggak bisa menangani masalahnya lagi. Gara-gara hal ini, Wonder Woman pernah ditempatkan di rumah sakit jiwa.

Batman Kerap Mengisolasi Diri

 

Batman. (Vanityfair)

Batman dikenal sebagai pahlawan yang tertutup dari dunia luar. Pahlawan berkostum mirip kelelawar ini mengisolasi diri karena memiliki kepercayaan yang rendah dengan orang lain. Batman juga lebih suka menyendiri daripada harus bersosialisasi dengan banyak orang. 

Hulk Punya Gangguan Represif

Hulk. (Forbes)

Pahlawan super tentu memiliki kekurangan seperti yang dialami Bruce Banner atau Hulk. Dia mengatasi stres yang dialaminya dengan memaksa menghentikannya. Inilah yang menimbulkan represi aktual dari ingatan yang nggak menyenangkan dan sulit. Bruce nggak pernah menginginkan dirinya masuk ke dalam kepribadian Hulk yang suka membabi buta.

Yap, itulah sejumlah pahlawan super yang mengalami gangguan mental. Namun, hal ini membuktikan seseorang dengan gangguan mental sekalipun dapat menjadi pahlawan bila gangguan itu ditangani dengan baik, Millens. Jadi, kamu pun bisa jadi pahlawan, minimal bagi dirimu sendiri. (IB07/E04)