Sekar, Film Tentang Batik yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

Sekar, Film Tentang Batik yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan
Salah satu adegan dalam "Sekar". (Indonesia Kaya)

Masih dalam nuansa Hari Batik Nasional, film pendek ini harus kamu tonton untuk lengkapi harimu.

Inibaru.id – Melengkapi euforia Hari Batik Nasional, nggak ada salahnya lo kalau kamu nonton film pendek yang satu ini. Yap, Sekar judulnya. Film berdurasi 30 menit itu disutradarai oleh Kamila Andini.

Sekar berkisah tentang seorang perempuan buta bernama Sekar yang mencintai batik buatan ibunya dengan sepenuh hati. Meski nggak bisa melihat, dia punya cara tersendiri untuk merasakan batik ke dalam jiwanya.

Setiap ibunya membatik dengan canting dan lilin, Sekar selalu mendampingi sembari merasakan aroma lilin, pewarna kain, suara kibaran kain, hingga suara kompor. Semua komponen itu merasuk ke dalam jiwa Sekar.

Kamila Andini mengungkapkan, melalui film itu dia berusaha mengangkat kisah inspiratif seorang perempuan buta yang menunjukkan rasa cintanya pada batik dengan cara sendiri.

Para pemain film Sekar dalam peluncuran film itu. (wartakota.tribunnews.com)

“Batik nggak sekadar apa yang dilihat oleh mata, tapi ada makna mendalam di balik keindahan motifnya. Saya pun ingin mengajak penonton menikmati semua bunyi, visual, dan perasaan yang ada dalam batik seperti yang selalu dirasakan oleh sosok Sekar,” kata Kamila pada beritasatu.com Senin (1/10/2018).

Yap, nggak hanya dinikmati secara visual saja. Setiap batik punya makna dan filosofi mendalam yang berbeda tiap motif dan jenisnya.

Eits, kamu juga ikut bertanggungjawab lo untuk menjaga kelestarian salah satu warisan budaya yang sudah diakui oleh UNESCO itu.

Nah, kalau kamu pengin menonton Sekar dan segala kisah tentang batik di dalamnya, jangan khawatir. Sekar bisa kamu tonton di kanal youtube Indonesia Kaya mulai Selasa (2/10/2018). Tunggu apa lagi? Yuk tonton sekarang! (IB10/E05)