Sabyan Gambus, Kenalkan Selawat Lewat Musik

Grup musik satu ini sedang digandrungi anak muda karena lagunya dirasa bisa bikin hati adem. Wah, seperti apa ya kiprahnya?

Sabyan Gambus, Kenalkan Selawat Lewat Musik
Sabyan Gambus, grup musik aliran Timur Tengah. (Officialsabyangambus.com)

Inibaru.id – Ya habibal qolbi, ya khoirol baroya. Ya li jittabil haqqi, rosulal hidayah. Barangkali kamu sering mendengar lagu itu diputar di masjid, majlis pengajian, bahkan di angkringan sekalipun. Ya, itu adalah lagu yang dibawakan grup musik Sabyan Gambus sekaligus yang mengantarkannya ke puncak ketenaran.

Beberapa bulan terakhir ini nama Sabyan Gambus memang sedang santer terdengar di kalangan anak muda. Memiliki warna musik yang unik ditunjang dengan suara yang merdu dan paras cantik vokalisnya membuat nama grup musik asal Jakarta ini semakin naik daun.

Grup musik ini digawangi enam personel. Khoirun Nissa atau lebih dikenal dengan Nissa menempati posisi vokalis dibantu dengan Anisa Rahman. Sementara itu, empat personel lainya adalah Ayus yang bertindak sebagai pemain kibor, Wawan dan Kamal sebagai pemukul kendang, serta Tebe yang memainkan biola.

Dalam kiprahnya, Sabyan Gambus mencoba untuk memberikan warna baru bagi dunia musik Indonesia. Grup musik yang berdiri sejak 27 Januari 2015 itu fokus mengaransemen lagu-lagu selawat religi yang dipadukan dengan musik Timur Tengah. Gaya bermusiknya juga dinilai asyik dan sesuai dengan gaya anak muda.

Aksi Sabyan Gambus saat bermusik. (Youtube.com)

Namun, kesuksesan Sabyan Gambus nggak didapat secara dadakan, Millens. Mereka mengawali kariernya dari manggung di satu pernikahan ke pernikahan lainnya. Mereka bahkan pernah nggak dibayar saat manggung.

Selain menjadi grup musik pengiring pernikahan, mereka juga mengenalkan lagu lewat Youtube. Cara ini justru dinilai ampuh bagi mereka untuk bersosialisasi dengan masyarakat terutama generasi millenials yang sangat akrab dengan gawai. Hingga kini, kanal Youtube mereka memiliki lebih dari dua juta subscriber.

Pada awalnya, Sabyan hanya sekadar mengaransemen beberapa selawat yang terkenal. Beberapa selawat itu di antaranya Ya Habibal Qolbi, Rohman Ya Rohman, hingga cover lagu Qomarun, Ahmad Ya Habibi. Namun, beberapa waktu lalu mereka akhirnya merilis album perdananya dengan judul Sabyan. Terdapat tiga lagu dalam album tersebut yaitu "Deen Assalam", "Ya Habibal Qolbi", dan "Ya Asyiqol".

Lagu "Deen Assalam" yang baru diunggah di Youtube tiga minggu lalu itu sudah ditonton sebanyak 61 juta orang. Lagu ini pun pernah menjadi trending di Youtube beberapa saat setelah diunggah. Ketenaran lagu itu selain karena suara vokalisnya yang merdu, juga dipengaruhi makna lagu yang sangat mendalam yakni tentang perdamaian antaragama. Wah, keren nih!

Jika kamu penasaran dengan karya musik dari Sabyan Gambus, kamu bisa kepo-in karya mereka di akun Instagram @sabyan_gambus, Millens. Kamu juga boleh banget kok nonton langsung video mereka di kanal Youtube Official Sabyan Gambus.

Semoga semakin sukses dan mendunia ya. Ditunggu karya-karya selanjutnya Mbak Nissa dan kawan-kawan. Hayo, mana nih fannya Sabyan Gambus? (IB11/E04)